NILAI BUDAYA DALAM IKLAN KOMERSIAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI MAJALAH CUISINE ACTUELLE(Sebuah Kajian Semiotika)

NOVRIZYA ZUFRINA, . (2013) NILAI BUDAYA DALAM IKLAN KOMERSIAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI MAJALAH CUISINE ACTUELLE(Sebuah Kajian Semiotika). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
COVER-RESUME-DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai budaya Prancis dalam iklan komersial produk makanan dan minuman di majalah Cuisine Actuelle. Pembelajaran budaya dalam pengajaran bahasa Prancis merupakan salah satu aspek penting untuk menunjang kelancaran proses berkomunikasi dan untuk memperkuat identitas bangsa agar lebih menjunjung tinggi rasa toleransi terhadap bangsa lain. Mempelajari budaya dapat menggunakan berbagai macam media pembelajaran, seperti iklan. Iklan merupakan sarana komunikasi massal dengan menggunakan bahasa verbal dan non verbal yang melibatkan pertukaran pengetahuan pengirim dan penerima pesan. Pengetahuan tersebut merupakan manifestasi dari nilai budaya yang dipelajari dan telah mengakar dalam masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menemukan nilai budaya orang Prancis yang terkandung dalam iklan dengan mengkaji bahasa verbal dan non verbal. Berdasarkan teori triadik semiotika Pierce, bahasa verbal dan bahasa non verbal adalah tanda. Tanda tersebut akan dikelompokkan kedalam proses pemaknaan tanda secara triadik. Adapun metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan analisis semiotika, sehingga proses pemaknaan banyak melibatkan interpretasi peneliti oleh sebab itu peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam bentuk daftar pertanyaan wawancara sebagai data penunjang dan untuk memperkuat validitas penelitian. Dari penelitian ini diperoleh gambaran nilai budaya yang dianggap penting dan berharga melalui tanda verbal dan non verbal di dalam kedelapan iklan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asti Purbarini, M. Pd ; 2). Yusi Asnidar
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:01
Last Modified: 26 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36417

Actions (login required)

View Item View Item