SHERLY PARSETIYANINGSIH, . (2014) “VARIASI BAHASA JAWA DALAM SYAIR LAGU CAMPURSARI”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI SHERLY P.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dan menentukan bagaimana variasi bahasa Jawa dalam syair lagu campursari. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah syair lagu campursari. Data diambil dari sejumlah syair lagu campursari dari berbagai sumber. Data tersebut berjumlah lima belas syair lagu campursari, membagi menjadi dalam lima tema kehidupan yaitu, tema percintaan, tema pendidikan, tema sosial budaya, tema alam, dan tema agama. Kemudian membagi dalam lima jenis wacana deskripsi, eksposisi, argumentasi, narasi, dan persuasif. Dalam syair lagu campursari terdapat gaya bahasa parikan dan tingkat bahasa ngoko, krama madya dan krama inggil. Teknik pengumpulan data menyalin dan mengelompokan. Data tersebut dianalisis menggunakan tabel analisis data yang disarikan dari teori untuk mengetahui pengelompokan wacana syair dan variasi bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat variasi bahasa Jawa dalam syair lagu campursari. Rinciannya adalah sebagai berikut. 1) 26,7% merupakan tema percintaan, 58,3% termasuk jenis wacana deskripsi; 2)42, 7% terdapat gaya bahasa parikan, 60,9% tingkat bahasa yang mendominasi adalah ngoko.Hasil penelitian tersebut di atas dapat menjadi salah satu pengetahuan yang berguna dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Fathiaty Murtadho, M. Pd ; 2). Dr. Dendy Sugono. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 01:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 01:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36441 |
Actions (login required)
View Item |