EFEKTIVITAS MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUA PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG(Studi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2011/2012 Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka)

SEPTRYANI, . (2013) EFEKTIVITAS MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUA PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG(Studi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2011/2012 Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
ABSTRAK, GAIYOU.pdf

Download (208kB)

Abstract

Kosakata merupakan kunci untuk mempelajari sebuah bahasa. Banyaknya kata-kata yang perlu diingat menjadi suatu kendala dalam mempelajari bahasa Jepang. Pentingnya kosakata dalam mempelajari bahasa Jepang juga bisa dilihat dari adanya beberapa penelitian tentang kemampuan penguasaan kosakata dan juga terdapatnya soal-soal tentang kosakata pada Japanese Language Proficiency Test. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencobakan media teka-teki silang demi meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang di tingkat perguruan tinggi. Dan untuk melihat sejauh mana efektivitas penggunaan media teka-teki silang untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experimental dengan desain control group pretest-posttest design. Dengan memberikan pretest kepada kelas eksperimen maupun kelas kontrol untuk mengetahui kemampuan awal kelas dan mengetahui homogenitas kelas. Kemudian memberikan perlakuan (treatment) kepada kelas ekesperimen dengan menggunakan media teka-teki silang, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan kartu kata. Setelah itu diberikan posttest kepada kedua kelas tersebut. Hasil dari tes menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai yang lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Nilai thitung sebesar 8.40, pada taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel 2.06 sedangkan pada taraf signifikasi 1% diperoleh ttabel 2.08. Dengan demikian thitung > ttabel . Maka diketahui bahwa Hk diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data angket, diketahui bahwa belajar kosakata menggunakan media teka-teki silang adalah hal yang menarik dan dapat menambah wawasan juga pengalaman mengenai kata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:53
Last Modified: 27 Sep 2022 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36442

Actions (login required)

View Item View Item