EFEKTIVITAS MEDIA BOARD GAME DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG (Studi Eksperimen Terhadap Siswa SMK N 12 Jakarta Utara)

SEPTIANA ALMAIDAH, . (2013) EFEKTIVITAS MEDIA BOARD GAME DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG (Studi Eksperimen Terhadap Siswa SMK N 12 Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media board game dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang pada siswa SMK N 12 Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK N 12 Jakarta, dan sampel penelitian berjumlah 80 orang siswa, 40 siswa sebagai kelas Kontrol dan 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pretest dan posttest) dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data tes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 8,22 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 6,69. Dari nilai rata-rata tersebut diperoleh nilai thitung sebesar 10,0262, sedangkan untuk nilai ttabel dengan db= 79 pada 5% sebesar 1,6 dan pada 1% sebesar 2,3. maka thitung lebih besar dari ttabel . Sehingga dapat disimpulakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol Serta berdasarkan hasil normalized gain kelas eksperimen sebesar 0,66 yang masuk pada kriteria efektif. Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa media dapat board game memudahkan siswa dalam memahami pola kalimat dan mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nia Setiawati, M. Pd ; 2). Viana Meilani Prasetio, S. S.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:00
Last Modified: 27 Sep 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item