UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS MELALUI PERMAINAN BAHASA (Sebuah Penelitian Tindak Kelas pada Mahasiswa Tingkat I Jurusan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta)

DWIPA RIANDI KUMEANG, . (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS MELALUI PERMAINAN BAHASA (Sebuah Penelitian Tindak Kelas pada Mahasiswa Tingkat I Jurusan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DWIPA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi permainan bahasa dalam peningkatan kemampuan menulis bahasa Prancis mahasiswa semester II JBP, UNJ. Permainan bahasa yang dimaksud adalah permainan bahasa yang dikondisikan menurut kebutuhan pengajaran dan bertujuan untuk membantu tercapainya tujuan pengajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif deskriptif model Moleong dengan metode penelitian tindakan kelas. Dengan mempertimbangkan masalah yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran menulis, maka hasil penelitian ini adalah berupa data yang berisi nilai dari pemberian tindakan pada siklus-siklus yang menggunakan permainan bahasa. Pemberian permainan bahasa yang diberikan kepada mahasiswa disesuaikan dengan materi ajar. Permainan yang digunakan antara lain; acrostiche dan devinette. Pengajaran dengan permainan bahasa ini mengarahkan mahasiswa untuk belajar bahasa Prancis secara efektif dan menyenangkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengajaran bagi pengajar untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Prancis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ratna, S. Pd, M. Hum ; 2). Dr. Asti Purbarini, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:49
Last Modified: 27 Sep 2022 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36463

Actions (login required)

View Item View Item