PENGARUH METODE POINT COUNTER POINT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMAN 66 JAKARTA

DWI FANTI OKTAVIANI, . (2013) PENGARUH METODE POINT COUNTER POINT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMAN 66 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dwi Fanti_compressed (1).pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan metode point counter point terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 66 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 66 Jakarta, semester genap, tahun ajaran 2012/2013, pada Maret 2013. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel secara random. Jumlah sampel 60 siswa. Kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis cerpen, meliputi: isi gagasan yang dikemukakan, kemampuan membangun penokohan, kemampuan menciptakan latar/setting, kemampuan dalam mengembangkan alur, kesesuaian tema dengan amanat dalam cerita, kemampuan dalam menggunakan sudut pandang, ketepatan dan kesesuaian penggunaan diksi, dan ketepatan menggunakan ejaan dan tanda baca. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis cerpen pada kelas eksperimen 78,83 sedangkan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis cerpen pada kelas kontrol sebesar 54,40. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas (liliefors). Data sampel dikatakan berdistribusi normal apabila L0 < Ltabel dan jika L0 > Ltabel berarti data tidak berdistribusi normal. Diperoleh L0 (0,0949) < Lt (0,1610) pada kelas eksperimen dan L0 (0,1154) < Lt (0,1610) pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi pada dua kelas α = 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Selain itu, homogenitas yang dilakukan melalui uji Barlett. Kriteria pengujian homogenitas sampel yaitu jika ߯2 hitung < ߯2 tabel berarti data kelas sampel mempunyai varians yang homogen, sebaliknya jika ߯2 hitung > ߯2 tabel berarti data kelas sampel tidak homogen. Hasil penghitungan menunjukkan data bersifat homogen. Hal ini ditandai oleh ߯2 hitung -40,41 < ߯2 tabel 42,557. Pengujian selanjutnya adalah uji hipotesis yang dilakukan melalui uji-t. Kriteria pengujian hipotesis ini adalah, tolak H0 jika thitung > ttabel. Diperoleh thitung (4,99) > ttabel (1,67) dalam taraf nyata 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode point counter point terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 66 Jakarta. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Penelitian ini menjadikan metode point counter point memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa khususnya dalam kemampuan menulis cerpen. Di samping itu, penggunaan metode point counter point dapat digunakan dalam kompetensi dasar lainnya seperti mengemukakan pendapat. Penggunaan metode point counter point merupakan sebuah cara belajar yang aktif, kreatif, dan inovatif karena siswa diajak aktif dalam pembelajaran, kreatif, serta inovatif dalam pemikiran dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M. Pd. ; 2). Asep Supriyana, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:52
Last Modified: 27 Sep 2022 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36468

Actions (login required)

View Item View Item