RINA SUSANTI, . (2011) REDUPLIKASI KELAS KATA TERTUTUP PADA KUMPULAN CERPEN KARYA ZAENAL RADAR T. DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 14 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI RINA SUSANTI (2115066422).PDF Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan reduplikasi kelas kata tertutup pada kumpulan cerpen karya Zaenal Radar T. penelitian ini dilaksanakn pada semester ganjil dan genap tahun ajaran 2010-2011 pada bulan September hingga Juli. Objek penelitian ini adalah reduplikasi kelas tertutup pada kumpulan cerpen karya Zaenal Radar T. Fokus penelitian ini pada makna reduplikasi kelas kata tertutup dalam kumpulan cerpen karya Zaenal Radar T. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif dengan teknik analisis isi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan tabel analisis. Cara menganalisisnya adalah dengan cara mengumpulkan berbagai bentuk kelas kata tertutup di dalam kumpulan cerpen karya Zaenal Radar T yang telah dipilih, setelah itu barulah dianalisis berdasarkan teori-teori yang dikemukakan. Pada dasarnya bentuk reduplikasi kelas tertutup meliputi advrbia, yang termasuk adverbia yaitu negasi, adverbial larangan, adverbial kala, adverbial keharusan, adverbia jumlah, adverbia taraf, adverbia frekuensi, dan adverbia Tanya. Kemudian yang termasuk pronomina yaitu persona dan pronominal demonstratif, kemudian numeralia, partikel, konjungsi, artikula, dan interjeksi. Hasil yang diperoleh dari analisis terhadap 90 reduplikasi kelas kata tertutup berdasarkan tabel analisis, pada makna reduplikasi kelas kata tertutup termasuk diantaranya 36 atau 32,40 % makna yang menyatakan penegasan. Makna yang menyatakan sesuatu yang tidak masuk akal/irasional 2 atau 1,80 %. Makna yang menyatakan saran 2 atau 1,80 %. Makna yang menyatakan kekhawatiran 2 atau 1,80 %. Makna yang menyatakan dugaan 9 atau 8,10 %. v Makna yang menyatakan keinginan 2 atau 1,80 %. Makna yang menyatakn kekecewaan 4 atau 3,60 %. Makna yang menyatakan ukuran 3 atau 2,7. Makna yang menyatakan kemungkinan negatif 6 atau 5,40 %. Makna yang menyatakan kemungkinan positif 2 atau 1,80 %. Makna yang menyatakan apa pun 1 atau 0,90 %. Makna yang menyatakan selalu 4 atau 3,60%. Makna yang menyatakan suatu proses yang berlangsung 6 atau 5,40 %. Makna yang menyatakan meremehkan 5 atau 4,50 %. Makna yang menyatakan bukan masalah 3 atau 2,70 %, dan makna yang menyatakan jumlah 1 atau 0,90 %. Implikasi penelitian ini bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan reduplikasi kelas kata tertutup. Penggunaan reduplikasi kelas kata tertutup ini berupa makna reduplikasinya yang dapat dipergunakan sebagai bahan pembelajaran siswa dalam menulis cerpen. Guru bahasa Indonesia dapat mempergunakan reduplikasi kelas kata tertutupdalm materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu dalam keterampilan menulis cerita pendek. Dalam menulis cerita pendek guru dapat mempergunakan reduplikasi kelas kata tertutup dalam cerita pendek
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Abdul Chaer ; 2). Drs. Krisanjaya, M. Hum |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 05:57 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 05:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36507 |
Actions (login required)
View Item |