PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Metro-Lampung)

KISNO, . (2014) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Metro-Lampung). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1_ COVER TESIS KHUSUS COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
3_3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (26kB)
[img] Text
3_4 DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
4_ BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
6_ BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
8_ BAB V KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
5_ BAB II KAJIAN TEORETIK fix.pdf

Download (398kB)
[img] Text
2_ ABSTRAK fix.pdf

Download (14kB)
[img] Text
7_ BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (694kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan pengaruh teknik pembelajaran (teknik permainan edukatif outdoor dan indoor) dan penggunaan media pembelajaran (media audio-visual dan media visual) terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Barat Kota Metro Provinsi Lampung, dengan jumlah sampel sebanyak 46 siswa dari jumlah populasi sebanyak 280 siswa kelas I sampai kelas VI. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 46 siswa berdasarkan hasil pengambilan sampel dengan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar PPKn siswa serta pengaruh positif dan interaksi antara teknik pembelajaran sebagai variabel X1 dan media pembelajaran sebagai variabel X2 terhadap hasil belajar PPKn sebagai variabel Y. Besarnya pengaruh interaksi teknik pembelajaran dan media pembelajaran (A × B) sebesar 0,65, Ini berarti pengaruh teknik pembelajaran dan media pembelajaran dapat menjelaskan 65 % variansi hasil belajar PPKn. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar PPKn siswa Sekolah Dasar dapat dipengaruhi oleh teknik pembelajaran dan media pembelajaran. ***** This research aim to to collect the data of related to effect of study technique (technique of edukatif outdoor game and indoor) and use of study media (visual media and audio-visual media) to achievement in PPKN. This research done at Elementary School 1st Metro Barat Kota Metro Povinsi Lampung, with the amount sampel as much 46 student from population amount as much 280 student of class I until class VI. As for becoming subyek research are student of class IV amounting to 46 student based to result of intake sampel with the technique of probability of sampling by type of simple random sampling. This research represent the quantitative research of comparability use the experiment method by desain factorial 2x2 to know the effect of technique of study and study media to achievement in PPKN. Result of research show the existence of mean difference achievement in PPKN student and also positive effect and interaction between study technique as variable of X1 and study media as variable X2 to achievement in PPKN as variable Y. Level of effect of interaction of learning technique and learning media (A x B) is 0,65, This means effect of learning technique and learning media can explain 65 % variansi of achievement in PPKN. Implication from this research indicated that achievement in PPKN of student Elementary School can be influenced by learning technique and learning media.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Theresia K. Brahim ; 2). Dr. M. Japar, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:54
Last Modified: 30 Sep 2022 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36526

Actions (login required)

View Item View Item