PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DWI NOVIANTI, . (2012) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI.pdf

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Sampel berjumlah sebanyak 70 mahasiswayang terdiri dari 35 mahasiswa laki-laki dan 35 mahasiswa perempuan angkatan 2009-2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatanpenelitian kuantitatif dengan metode komparatif.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. dengan Quota sampling, Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala dengan model Likert dari motivasi berprestasi berdasarkan teori McClelland yang terdiri dari aspek-aspek yaitu tanggung jawab, berorientasi pada kesuksesan, umpan balik, dan inovatif. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Data diolah menggunakan uji-t (independent sample t-test). Dari hasil pengujian hipotesis diperolah data yang menunjukkan bahwa nilai t= -2,079 ; p = 0,041 < 0,05 (signifikan) maka skor motivasi berprestasi pada mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan menunjukkan hasil uji-t yang signifikan sehingga hipotesis null (Ho) ditolak, dan Ha diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. ***** This research is aimed to get the comprehension about Need For Achievement differences between between Male and Female Student in Educational Faculty, Universitas Negeri Jakarta. This research is implemented in Universitas Negeri Jakarta’s student with 70 subject as the sample, which are 35 male students and 35 female students This research implemented with quantitative approach with comparison method., that taken by non probability sampling with Quota sampling technique. Need for Achievement analyzed using paired sample t-test. Based on the test, the result is t = -2,079 ; p = 0,041 < 0,05(significant). Thereby, we can conclude that there were Need for Achievement differences between Universitas Negeri Jakarta’smale adan female students. Based on this research, male students with female students were having significant differences of Need for Achievement average score.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Zarina Akbar, M. Psi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:43
Last Modified: 30 Sep 2022 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36529

Actions (login required)

View Item View Item