PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI METODE PENEMUAN TERPIMPIN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 220 JAKARTA

RAMADHAN ANDY A, . (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI METODE PENEMUAN TERPIMPIN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 220 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_compressed (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dribbling dengan menggunakan kaki bagian dalam melalui metode penemuan terpimpin. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 220 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalan metode Penelitian Tindakan (Action Research). Teknik pengambilan data dengan pengambilan data kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan melibatkan ahli dalam bidang�bidang pendidikan jasmani khususnya cabang olahraga sepakbola sebagai kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi dan tes awal. Pelaksanaan penelitian ini bersamaan dengan pembelajaran mata pelajaran penjaskes di SMPN 220 Jakarta. Kegiatan observasi dan tes awal disimpulkan siswa belum memahami konsep dribbling dengan kaki bagian dalam dan tahapan gerak dribbling dengan kaki bagian dalam yang tidak sesuai dengan tahapan gerak yang benar. Kegiatan siklus I yang direalisasikan dalam bentuk tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1) Pemahaman konsep dribbling dengan kaki bagian dalam mulai terlihat adanya peningkatan. 2) Siswa belum dapat melakukan tahapan persiapan dengan sempurna yaitu pada penempatan posisi kaki tumpu. 3) Siswa belum dapat melakukan gerakan perkenaan dengan sempurna dikarenakan posisi kaki masih jauh dari bola. 4) Siswa belum dapat melaksanakan tahap gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan bola jauh dari kaki. 5) Siswa sudah menunjukkan sikap yang positif khususnya kerja sama dan keberanian yang meningkat. Kegiatan siklus II yang direalisasikan dalam bentuk tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) Siswa sudah memahami konsep dribbling dengan kaki bagian dalam yang benar. 2) Siswa mampu melakukan tahapan gerakan dribbling dengan kaki bagian dalam dengan benar. 3) Siswa memiliki motivasi dan semangat dalam melaksanakan pembelajaran dan menunjukkan sikap-sikap yang positif. Hasil penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar dribbling dengan kaki bagian dalam melalui metode penemuan terpimpin. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata tes awal Siswa = 61.12, siklus I = 74.12 dan siklus II = 81.83. Untuk kelulusan belajar Siswa hasil tes awal siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 26 siswa (63%) dengan mendapatkan nilai C, siklus I siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 41 siswa (100%) dengan keterangan 1 orang mendapat nilai B (2%) dan 40 orang mendapat nilai C (98%), dan siklus II siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 41 siswa (100%) yaitu 11 siswa mendapat nilai C (27%), 28 siswa mendapatkan nilai B (68%), dan 2 siswa mendapat nilai A (5%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchtar Hendra Hasibuan, S. pd ; 2). Drs. Sudarso, M. pd
Subjects: Ilmu Kedokteran > Keperawatan > Diet, Kesehatan Jasmani
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:13
Last Modified: 30 Sep 2022 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36534

Actions (login required)

View Item View Item