SURYA REZEKI SITOMPUL, . (2022) PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FISIK ATLET E-SPORT. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (820kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (689kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Olahraga E-Sport merupakan cabang olahraga yang memiliki tingkat keterlibatan fisik yang cukup tinggi, terlihat dari beberapa keterlibatan peranan Anatomi dan Fisiologi saat atlet bertanding dan berlatih, Penelitian ini akan memberikan gambaran mengenai pentingnya pendekatan latihan fisik untuk atlet E-Sport, hal yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah atlet mayoritas E-Sport yang tergolong dalam atlet profesional tidak mendapatkan program latihan fisik yang terfokus, hasil dari nilai penyebaran angket kepada sempel penelitian menunjukkan keseluruhan atet tidak pernah mendapatkan latihan fisik secara menyeluruh serta hanya 10% dari total 107 atlet merupakan kelompok masyarakat yang aktif berolahraga. Metode Research and Development (R&D) karangan Borg and Gall menjadi dasar dalam menjalankan penelitian dengan komponen pre tes dan post test control grup disain. Prosedur dalam pelaksanaan desain dari metode ini melewati tahapan : 1) analisis kebutuhan, 2) validasi ahli, 3) ujicoba kelompok kecil, 4) ujicoba kelompok besar, dan 5) Uji efektivitas. Instrumen tes yang digunakan untuk menentukan keberhasilan penelitian menerapkan local muscle tes butir tes yang dari instrument tes berupa komponen Local Muscle diantaranya Chest, Back, Shoulde, Arm dan Abdominal. Untuk penyajian data dari analisis tersebut menggunakan metode Gain Score. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan perbandingan dari nilai pretest dan Post test untuk kelompok eksperimen nilai rata-rata gain score 0,64 yang menunjukkan bahwa model dari latihan memiliki kontribusi sedang. Untuk penilaian uji Homogenitas Pre test Kelompok Eksperimen dan kontrol nilai sig Local Muscle 0,936 diketahui bahwa semua nilai nilai sig > 0,05 atau H0 diterima, untuk post test kelompok eksperimen dan kontrol nilai sig local muscle sebesar 0,302 diketahui bahwa semua nilai sig > 0,05 atau H0 diterima. Hasil dari penelitian ini mengemukakan kesimpulan 1) Model Latihan yang terfokus untuk atlet E-Sport dapat dikembangkan serta di implementasikan dalam program latihan fisik atlet E-Sport. 2) Model latihan yang menjadi riset peneliti dinyatakan efektif dalam peningkatan fisik atlet E-Sport. The E-Sport sport has a relatively high level of physical involvement, as certain anatomical and physiological roles as athletes compete and practice, the study will give an idea of the importance of the physical exercise approach to E-Sport athletes, the problem with which is that the majority of E-Sports athletes ranked in professional athletes do not get a focused physical exercise program, As a result of the value of the angular deployment to the page showed the overall apparatus was never given a full physical workout and only 10% of the total 107 athletes were actively exercising. Research and Development method (R&D), and the borg and gall, combined with research with design group components pre test and the post test control. The procedure in implementing the design of this method goes through stages: 1) demand analysis, 2) expert validation, 3) small group trials, 4) large group trials, and 5) tests of effectiveness. The test instrument used to determine the success of the study is implementing a local muscle test containing a local muscle component containing chest, back, shoulde, arm and abdominal. For the presentation of data from the analysis using game plan gain score. Results from this study showed comparisons of pre test scores and post tests for experiment groups on average gain score 0.64 showing that models of practice have a moderate contribution. For the pre test assessment of the pre test group experimentation and control of local muscle 0.936 it is known that all sig local muscle values > 0,05 or H0 are received, for the post test of the experiment group and local muscle control of 0.302 values it is known that all sig local muscle >0,05 or H0 are received. The results of the study suggest a conclusion 1) Focused exercise models for E-Sport athletes can be developed and implemented in E-Sport physical exercise programs. 2) The exercise model into research research is found to be effective in the physical enhancement of ESports athletes.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd 2). Dr. Hernawan, S.E., M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Users 16628 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 01:23 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 01:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36641 |
Actions (login required)
View Item |