NURUL KHALIPAH, . (2022) MODEL “JAMI’AHAN” SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN KEAGAMAAN BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN MIFTAHURRAHMAH AL-HIDAYAH). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (650kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
Nurul Khalipah, Model “Jami’ahan” Sebagai Metode Pembelajaran Keagamaan Berbasis Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Miftahurrahmah Al-Hidayah), Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2022 Model jami’ahan merupakan salah satu metode pembelajaran keagamaan di Pondok Pesantren Miftahurrahmah Al-Hidayah yang menjadi media berekspresi santri dan wadah untuk melatih mental, potensi maupun bakat para santri. Sebagai model yang mengkombinasi beberapa bentuk kegiatan pembelajaran dalam satu kesatuan, model ini sangat unik dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model jami’ahan di Pondok Pesantren Miftahurrahmah Al-Hidayah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Selain itu, peneliti juga ingin melihat sejauh mana hasil daripada model ini dengan melihat pada tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualtitatif deskripstif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case studi) yang mendeskripsikan model jami’ahan di Pondok Pesantren Miftahurrahmah Al-Hidayah. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di Pondok Pesantren Miftahurrahmah Al-Hidayah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori metode pembelajaran, tahapan pembelajaran, dan teori hasil pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model jami’ahan di Pondok Pesantren Miftahurrahmah Al-Hidayah dalam segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya sudah bisa dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil yang dirasakan oleh para santri maupun pembimbing, model jami’ahan membawa perubahan yang besar bagi para santri baik dalam bersikap maupun dalam peningkatan kualitas diri seperti kemampuan dalam penguasaan doa-doa tahlil dan kemampuan memahami isi kitab kuning. Kata Kunci: Model Jami’ahan, Metode Pembelajaran Pesantren, Pondok Pesantren Miftahurrahmah Al-Hidayah Nurul Khalipah, The "Jami'ahan" Model as a Pesantren-Based Religious Learning Method (Case Study of the Miftahurrahmah Al-Hidayah Islamic Boarding School), Thesis, Jakarta: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2022 The jami'ahan model is one of the methods of religious learning at the Miftahurrahmah Al-Hidayah Islamic Boarding School which is a medium of expression for students and a forum for training the mental, potential, and talented of the students. As a model that combines several forms of learning activities in one unit, this model is very unique and interesting to study. This study aims to describe and analyze the jami'ahan model at the Miftahurrahmah Al-Hidayah Islamic Boarding School which consists of planning, implementation, and evaluation. In addition, researchers also want to see the extent of the results of this model by looking at three aspects, namely cognitive, affective, and psychomotor. This study uses descriptive qualitative research using a case study approach that describes the jami'ahan model at the Miftahurrahmah Al-Hidayah Islamic Boarding School. Sources of data were obtained through observations, interviews, and documentation conducted at the Miftahurrahmah Al-Hidayah Islamic Boarding School. The theory used in this study includes the theory of learning methods, stages of learning, and theory of learning outcomes. The results of this study indicate that the jami'ahan model at the Miftahurrahmah Al-Hidayah Islamic Boarding School in terms of planning, implementation, and evaluation can be said to be successful. Based on the results felt by the students and supervisors, the jami'ahan model brought big changes for the students both in attitude and in improving self-quality such as the ability to master the tahlil prayers and the ability to understand the contents of the yellow book. Keywords: Jami'ahan Model, Islamic Boarding School Learning Method, Miftahurrahmah Al-Hidayah Islamic Boarding School
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rihlah Nur Aulia, MA. 2). Dr. M. Ridwan Effendi, M.Ud. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 15764 not found. |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:46 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36645 |
Actions (login required)
View Item |