PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TERKA GAMBAR BERANTAI DI DALAM PENGAJARAN MAHARATUL KALAM SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JAKARTA

Susanto, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TERKA GAMBAR BERANTAI DI DALAM PENGAJARAN MAHARATUL KALAM SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Susanto 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 3 jakarta pada tahun pelajaran 2016-2017,yang dimulai dari bulan maret 2016 dengn tujuan untuk mengetahui pengaruh media terka gambar berantai di dalam pengajaran mahartul kalam siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 jakarta. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu.Populasinya adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 jakarta dan sampelnya adalah siswa kelas x sebanyak 80 siswa terdiri dari 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 40 siswa untuk kelas kontrol.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sample random sampling. Instrumen digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan =0,05.Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji normalitas dan uji Homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi=0,05.Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh (Lhitung) L o 0,140 dan pada kelas kontrol dipeoleh (Lhitung) 0,152.Sedangkan Ltabel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,140 dengan taraf signifikansi 0,05 karena kedua kelas memperoleh (Lhitung)<Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal.Selain itu juga dilakukan penrhitungan homogenitas yang menyatakan bahwa X2hitung 0,308< X2tabel 3,84 artinya kedua data tersebut homogen.Pada uji hipotesis,didapatkan thitung 3,162 dengan derajat kebebasan (dk) 78 dan ttabel 2,02 dengan taraf signifikan 0,05.Dengan demikian thitung 3,162 > ttabel 2,02 maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media terka gambar berantai didalam pengajaran maharatul kalam di madrasah Aliyah Negri 3 Jakarta. Penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan media terka gambar berantai didalam pengajaran maharatul kalam hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan media.Siswa juga lebih menyukai untuk belajar dengan menggunakan media terka gambar berantai,karena media ini dapat meningkatkan pembelajaran mereka didalam pembelajaran maharatul kalam.Guru disarankan menggunkan dan membuat media pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran maharatul kalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shafruddin Tadjuddin M.A. ; 2). R.A. Barnabas M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Feb 2020 14:52
Last Modified: 20 Feb 2020 14:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item