INTERACTIVE METADISCOURSE IN FINDING AND DISCUSSION SECTION OF THESES AT ENGLISH DEPARTMENT UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Syifa Fadhilah Hamid, . (2016) INTERACTIVE METADISCOURSE IN FINDING AND DISCUSSION SECTION OF THESES AT ENGLISH DEPARTMENT UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BIOGRAFI PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
Curriculum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan, Abstract, Table of Content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
References.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Interactive metadiscourse adalah salah satu sub kategori dari metadiscourse markers yang merujuk pada sebuah fitur yang digunakan untuk mengkosntruksi dan mengorganisir informasi secara efektif untuk membuat teks tulisan yang logis dan meyakinkan. Menurut Hyland (2004), interactive metadiscourse terdiri dari lima kategori, yaitu: transitions, frame markers, endophoric markers, evidentials, dan code glosses. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tipe-tipe interactive metadiscourse apa saja yang digunakan oleh mahasiswa S2 bahasa Inggris dalam tesis di bagian temuan dan diskusi mereka dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan interactive metadiscourse tersebut di dalam bagian temuan dan diskusi. Studi ini mengimplementasikan analisis isi untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis interactive metadiscourse. Sumber data yang digunakan adalah 10 bagian temuan dan diskusi dari tesis mahasiswa S2 jurusan bahasa Inggris, Universitas Negeri Jakarta. Data dari studi ini adalah kata, frasa, dan klausa yang sudah teridentifikasi dari sumber data. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa transitions telah secara dominan muncul dengan jumlah 634 kata dari total 1540 interactive metadiscourse yang ditemukan atau secara sering digunakan sebanyak 41% disusul dengan endophoric markers sebanyak 20%. Tingginya penggunaan transitions menandakan bahwa penulis ingin membuat sebuah teks yang saling menyatu dan masuk akal dengan menguhubungkan argumen-argumen dalam kalimat atau paragraf. Sedangkan endophoric markers digunakan untuk merujuk informasi di bagian lain dalam teks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sudarya Permana, M.Hum ; 2). Siti Wachidah, Ph.D
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2020 15:32
Last Modified: 20 Feb 2020 15:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item