PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG KONTEKSTUAL PADA MATERI FLUIDA DI SMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

ARISTINE PATRICIA, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG KONTEKSTUAL PADA MATERI FLUIDA DI SMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran yang kontekstual pada materi fluida di SMA untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model Lee & Owens untuk materi Fluida di SMA. Penelitian ini menggunakan instrument berupa skala likert. Video pembelajaran ini telah melewati tahap uji validasi dengan prosentase ahli materi 95%, ahli media 81%, dan ahli pembelajaran 72%. Uji coba video ini dilakukan di SMAN Jakarta terhadap 28 peserta didik kelas XI MIPA dan pendidik/guru fisika di dua SMA Negeri di Jakarta, prosentase yang didapat dari peserta didik 92% dan pendidik sebesar 83%. Dilakukan juga penilaian pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik dan didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh data bahwa video pembelajaran yang kontekstual pada materi fluida di SMA untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik merupakan media yang layak untuk pembelajaran fisika. This study aims to develop contextual learning videos on fluid material in high school to improve student learning outcomes. The method used in this study is Research and Development (R&D) with Lee & Owens' model approach to Fluid matter in SMA. This study used an instrument in the form of a likert scale. This learning video has passed the validation test stage with a percentage of material experts 95%, media experts 81%, and learning experts 72%. This video trial was conducted at SMAN Jakarta on 28 students of class XI MIPA and physics educators/teachers at two public high schools in Jakarta, the percentage obtained from students was 92% and educators were 83%. Pretest and posttest assessments were also carried out to measure the improvement in student learning outcomes and found that there was an increase in learning outcomes. Based on these results, data were obtained that contextual learning videos on fluid material in high school to improve student learning outcomes are a viable medium for learning physics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Fauzi Bakri, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 16751 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2023 05:14
Last Modified: 07 Feb 2023 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36759

Actions (login required)

View Item View Item