DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES –BASED ENGLISH SPEAKING ASSESSMENT SPECIFICATIONS FOR S-1 OF ENGLISH STUDY PROGRAM

TANTRI SARI SAFITRY, . (2016) DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES –BASED ENGLISH SPEAKING ASSESSMENT SPECIFICATIONS FOR S-1 OF ENGLISH STUDY PROGRAM. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
biodata alumni TANTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Thesis Tantri Sari Safitry.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk merancang kerangka penilaian keterampilan berbicara berbasis CEFR untuk Program Studi S-1 Bahasa Inggris di Indonesia. Dari tujuh universitas, beberapa silabus mata kuliah keterampilan berbicara bahasa Inggris merupakan sumber data penelitian. Selanjutnya, dari silabus yang ada dan deskriptor CEFR untuk bahasa, data dalam bentuk kompetensi standar, cakupan materi pembelajaran dan fitur tata bahasa dianalisis. DEngan menggunakan Desain dan Pengembangan Penelitian dan metode kualitatif, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mensintesis standar kompetensi, cakupan materi pembelajaran dan fitur tata bahasa yang ada pada silabus keterampilan berbicara bahasa Inggris untuk S-1 program studi bahasa Inggris di Indonesia; 2) Untuk mengidentifikasi standar kompetensi, cakupan materi pembelajaran dan fitur tata bahasa keterampilan berbahasa Inggris dalam CEFR untuk bahasa; 3) Untuk menggambarkan persamaan dan perbedaan dari standar kompetensi, cakupan materi pembelajaran dan fitur tata bahasa dari kerangka penilaian keterampilan berbicara yang ada pada silabus untuk program studi S-1 bahasa Inggris dan CEFR untuk bahasa. Temuan menunjukkan bahwa dari tujuh universitas, kebanyakan dari silabus sudah mengikuti kesulitan tingkat taksonomi Bloom mengenai standar kompetensi dan indikator; di dalam silabus tersebut juga telah tersedia bahan belajar yang tercakup dalam topik yang sesuai dengan kompetensi standar dan indikator. Selanjutnya, pada silabus juga ditemukan memiliki beberapa kesamaan dalam hal beberapa standar kompetensi, cakupan materi dan fitur tata bahasa yang sudah tercakup pada CEFR, namun, masih ada beberapa poin dalam silabus yang ada yang perlu dikembangkan. Oleh karena itu, beberapa model yang dikembangkan dari kerangka penilaian keterampilan berbicara bahasa Inggris berbasis CEFR disajikan sebagai jawaban utama studi ini.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Zuharty, M.Si, ; 2). Dr. Darmahusni, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Feb 2020 16:09
Last Modified: 20 Feb 2020 16:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item