PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen di RA Al-Falahiyyah, Jakarta Selatan)

SYAFIRA HUSAINI, . (2020) PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen di RA Al-Falahiyyah, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kemandirian merupakan kemampuan dalam memecahkan masalah sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Anak yang terbiasa mandiri dapat melakukan dan mengerjakan tugasnya dengan mandiri. Adapun kenyataan yang terlihat di lingkungan TK atau PAUD belum semua anak mampu melakukan kegiatan secara mandiri. Sebagian dari mereka masih memerlukan bantuan dari orang dewasa untuk memenuhi keperluannya. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemandirian anak. Salah satunya yaitu melalui bermain perann. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan bermain peran terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di RA AL-Falahiyyah, Jakarta Selatan dengan sampel penelitian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental dalam bentuk Two Group – With Pre-test dan Post-test (teknik pre-test dan post-test) dan mengumpulkan data dengan instrumen observasi (check list). Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung 1 = 15,03; thitung 2 = 7,35; thitung 3 = 11,1 dan harga ttabel = 1,701 dengan dk = 28 pada taraf signifikan = 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan antara kemandirian anak sebelum diberikan perlakuan dengan kemandirian anak sesudah diberikan perlakuan, yang artinya terdapat pengaruh signifikan dari bermain peran terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah bermain peran dapat dijadikan sebagai kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian anak. Kata Kunci : Bermain Peran, Kemandirian, Anak Usia 5-6 Tahun. Independence is the ability to solve their own problems without relying on others. Children who are used to being independent can do their activities by their selves. But, in reality, not all children can carry out their activities independently which can be seen in kindergarten or early childhood education environments. Some of them still need help from adults to fulfill their needs. There are many ways to improve children's independence. One of them is through role-playing. The purpose of this study is to determine the effect of role-playing activities on the independence of children aged 5-6 years. The study was conducted at RA AL-Falahiyyah, South Jakarta with research samples of children aged 5-6 years. This study uses True Experimental design in the form of Two Groups - With Pre-test and Post-test (pre-test and post-test techniques) and collecting data with observation instruments (check list). Research analysis techniques using the normality test. Hypothesis testing techniques using t-test. Based on the results of testing the hypothesis using the t-test obtained the price of tcount 1 = 15.03; tcount 2 = 7.35; tcount 3 = 11.1 and price table = 1.701 with dk = 28 at a significant level = 0.05 which means the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. Thus the conclusion obtained is that there is a difference between the independence of the child before being given treatment with the independence of the child after being given treatment, which means there is a significant influence of role-playing on the independence of children aged 5-6 years. The conclusion that can be obtained in this study is that role-playing can be used as a learning activity to improve children's independence. Keywords : Role Playing, Independent, 5 to 6 Years Old Children

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd. ; 2.) Azizah Muis. S.Pd, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 589 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 15:28
Last Modified: 23 Mar 2020 17:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3682

Actions (login required)

View Item View Item