PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI PENGENALAN KAMPUS DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PERANGKAT MOBILE

MUHAMMAD NADAA IHSAAN, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI PENGENALAN KAMPUS DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PERANGKAT MOBILE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media informasi pengenalan kampus di Universitas Negeri Jakarta berbasis augmented reality pada perangkat mobile yang layak digunakan sebagai sarana informasi tentang pengenalan kampus di Universitas Negeri Jakarta bagi mahasiswa khususnya mahasiswa aktif UNJ untuk mendapatkan informasi terkait gedung-gedung yang ada di UNJ. Penelitian ini dilakukan sejak Desember 2021 sampai dengan November 2022. Objek penelitian ini adalah mahasiswa aktif UNJ yang berlokasi di Universitas Negeri Jakarta. Media informasi dibuat dengan game enginee yaitu Unity 3D. Selain itu, aplikasi pendukung lainnya seperti adobe illustrator digunakan untuk membuat game asset. Media informasi diuji kelayakan produknya oleh ahli media dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi produk oleh ahli media sebesar 92,8%. Sedangkan hasil evaluasi produk oleh responden didapatkan nilai sebesar 94,2%. Maka, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa media informasi Welcome UNJ berbasis augmented reality pada perangkat mobile tersebut layak digunakan sebagai sebagai sarana informasi tentang pengenalan kampus di Universitas Negeri Jakarta bagi mahasiswa khususnya mahasiswa aktif UNJ untuk mendapatkan informasi terkait gedung-gedung yang ada di UNJ . ***** This research was conducted with the purpose of producing an campus introduction information media in jakarta state university based augmented reality on mobile device that is suitable for use as a means of information on campus introduction at the Jakarta State University for college students especially UNJ college students to obtain information related to buildings at UNJ. This research was conducted from December 2021 to November 2022. The object of this research is UNJ college students located at the jakarta state university. The information media is made with unity 3d game engine. In addition, other supporting applications such as Adobe Illustrator are used to create game assets. information media are tested for their product feasibility by media experts and respondents. The results showed that product validation by media experts was 92.8%. While the results of product evaluation by respondents obtained a value of 94.2%. So, from these data it can be concluded that the Welcome UNJ information media based augmented reality on mobile devices is appropriate to be used as a means of information about the introduction of campuses at the jakarta state university for college students especially UNJ college students to obtain information related to buildings at UNJ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T. ; 2). Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 16818 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:21
Last Modified: 17 Feb 2023 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36868

Actions (login required)

View Item View Item