PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYIMAK BIPA 1 BERBASIS VIDEO ANIMASI DI UNIVERSITAS SOFIA BULGARIA

SYUKRON RAMADLONI, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYIMAK BIPA 1 BERBASIS VIDEO ANIMASI DI UNIVERSITAS SOFIA BULGARIA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan kemampuan pertama yang diterima dan diajarkan kepada pemelajar asing dalam setiap pembelajaran bahasa asing tak terkecuali bahasa Indonesia sebagai bahasa asing bagi penutur asing. Namun, kemampuan ini merupakan kemampuan tersulit dan kemampuan yang paling tidak disukai oleh pemelajar BIPA 1. Selain itu masih sangat minim ketersediaan bahan ajar menyimak BIPA 1 dalam bentuk media audio visual yang dibutuhkan pengajar dalam mendukung pengajaran menyimak BIPA 1 di peramban internet. Ditambah lagi kemampuan setiap pengajar untuk mengeksekusi bahan ajar menyimak berbeda-beda kemampuannya. Sedangkan bahan ajar menyimak BIPA sendiri yang dikembangkan saat ini hanya sekadar teks untuk diperdengarkan saja, maka dibutuhkan bahan ajar menyimak yang memiliki proses dalam menyimaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menyimak BIPA 1 berbasis video animasi yang memiliki proses menyimak dalam bahan ajarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Thiagadarajan yang dipadukan dengan model pengembangan Jolly dan Bolitho sehingga terangkum menjadi empat tahapan penelitian utama yakni 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan, dan 4) tahap penyebarluasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengajar dan pemelajar dalam pembelajaran BIPA serta disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku ini berada pada kategori sangat layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian, pakar materi, pakar media, dan uji coba pengguna terbatas dari pengajar dan pemelajar BIPA di Universitas Sofia Bulgaria. ********* Listening ability is the first ability received and taught to foreign learners in every foreign language learning, including Indonesian as a foreign language for foreign speakers. However, this is the most difficult and the least favorite ability by BIPA 1 learners. In addition, there is still very little availability of BIPA 1 listening teaching materials in the form of audio-visual media needed by teachers in supporting BIPA 1 listening teaching in internet browsers. In addition, the ability of each teacher to execute listening teaching materials varies. While the BIPA listening teaching materials developed at this time are only texts to be listened to, we need listening teaching materials that have a process for listening to them. This study aims to develop animated video-based BIPA 1 listening teaching materials that have a listening process in the teaching materials. The research method used is the research and development (R&D) method. The research procedure uses the research and development model from Thiagadarajan combined with the Jolly and Bolitho development model so that it summarizes into four main research stages, namely 1) the needs analysis stage, 2) the planning stage, 3) the development stage, and 4) the dissemination stage. The results showed that the teaching materials developed based on the needs of teachers and learners in BIPA learning and adapted to the applicable curriculum were feasible to use. The result can be seen from the assessment results, material experts, media experts, and limited user trials from BIPA teachers and learners at Sofia University, Bulgaria.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ; 2). Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 16843 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:24
Last Modified: 17 Jan 2024 00:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36870

Actions (login required)

View Item View Item