Pengembangan Media Webtoon Pembelajaran PPKn Untuk Mengenalkan Sikap Jujur Siswa Kelas V Sekolah Dasar

ANDRI STEFANUS NDUN, . (2023) Pengembangan Media Webtoon Pembelajaran PPKn Untuk Mengenalkan Sikap Jujur Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media webtoon untuk mengenalkan sikap jujur siswa dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karet 04 Pagi, terhadap peserta didik kelas V sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hannafin dan Pack. Model Hannafin dan Pack ini terdiri dari tiga tahapan yaitu, analisis kebutuhan, desain, pengembangan atau implementasi. Dari hasil uji coba produk menunjukkan bahwa media webtoon untuk mengenalkan sikap jujur dalam pembelajaran PPKn sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran karena mendapatkan penilaian expert review rata-rata sebesar 89,03% dengan kategori “Sangat Baik”. Selain itu, dari hasil data uji coba produk terhadap peserta didik melalui kuesioner menunjukkan keberhasilan dari produk media webtoon dalam mengenalkan sikap jujur dalam proses belajar, dengan rincian uji coba perseorangan 94,22%, uji coba kelompok kecil 93,55, dan uji coba kelompok besar 94,85, dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa media webtoon sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan sikap jujur siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas V sekolah dasar. This study aims to produce a produce in the form of webtoon media to introduce student’s honest attitudes in Civics learning. This research was conducted at SDN Karet 04 Pagi, on fifth grade elementary school students. The development model used in this research is Hannafin and Pack. The Hannafin and Pack models consist of three stages, namely, needs analysis, design, development or implementation.the results of the product trials show that the webtoon media for introducing honesty in Civics learning is very appropriate to use as a learning medium because it gets an average expert review rating of 89.03% in the “Very Good” category. In addition, the results of product trial data on students via questionnaires show the success of webtoon media products in introducing an honest attitude in the learning process, with details of individual trials 94.22%, small group trial 93.55%, and group trials 94.85%, with the category “Very Good”. Thus, it can be stated that webtoon media is very approptiate to be used as a learning medium to introduce students’ honest attitudes in learning Civics in grade V elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Linda Zakiah, M.Pd 2). Yustia Suntari, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16885 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:58
Last Modified: 17 Feb 2023 04:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36878

Actions (login required)

View Item View Item