NURHAYATI, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP POLA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap pola komunikasi dalam keluarga. Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas di Jakarta Timur dengan sampel 100 orang. Data yang digunakan peneliti adalah data yang didapatkan melalui kuesioner/angket tertutup untuk kedua variabel. Pada variabel penggunaan gadget terdapat 28 pernyataan yang mencakup aspek cell phone/cellular phones, television, video games, dan internets/computers, sedangkan variabel pola komunikasi keluarga terdapat 19 pernyataan yang mencakup aspek orientasi percakapan dan orientasi konformitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55% siswa menengah atas menggunakan gadget berada pada kategori sedang. Sedangkan 52% siswa menengah atas memiliki pola komunikasi sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap pola komunikasi dalam keluarga (β = -0,355). Semakin tinggi penggunaan gadget dapat menurunkan pola komunikasi dalam keluarga. Dengan demikian, siswa perlu untuk mengontrol dalam penggunaan gadget. This study aims to determine the effect of gadget use on communication patterns in the family. The population of this study were high school students in East Jakarta with a sample of 100 people. The data used by researchers is data obtained through closed questionnaires / surveys for both variables. In the gadget use variable, there are 28 statements covering aspects of cell phones/cellular phones, television, video games, and internets/computers, while the family communication pattern variable has 19 statements covering aspects of conversation orientation and conformity orientation. The results showed that 55% of high school students using gadgets were in the moderate category. Meanwhile, 52% of high school students have moderate communication patterns. The results showed that gadget use has a significant effect on communication patterns in the family (β = -0.355). The higher the use of gadgets can reduce communication patterns in the family. Thus, students need to control the use of gadgets.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Elmanora, S.Si., M.Si. 2) Dr. Muhammad Faesal, MH., M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Transportasi Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 16797 not found. |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 05:37 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 05:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36954 |
Actions (login required)
View Item |