PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 4 PANDEGLANG (PENELITIAN PADA SISWA JURUSAN OTKP)

REZA HAKIKI, . (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 4 PANDEGLANG (PENELITIAN PADA SISWA JURUSAN OTKP). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri 4 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 202 siswa SMK Negeri 4 Pandeglang. Berdasarkan rumus Slovin maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 134 responden. Untuk pengolahan data, Peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Prokrastinasi Akademik (Y), Efikasi Diri (X1), dan Kontrol Diri (X2) merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS versi 23.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas Kolgomorov-Smirnov dengan hasil signifikansi prokrastinasi akademik sebesar 0,200, efikasi diri sebesar 0,200, dan kontrol diri sebesar 0,200. Lalu menggunakan uji linearitas dengan nilai signifikansi pada linearity efikasi diri dan kontrol diri sebesar 0,000. Uji asumsi klasik dengan menggunakan uji heteroskedastisitas dalam uji Spearman rho dengan nilai signifikansi variabel efikasi diri sebesar 0,195 dan kontrol diri sebesar 0,088. Uji multikolinearitas variabel efikasi diri dan kontrol diri memiliki nilai tolerancre 0,971 dan nilai VIF sebesar 1,029. Uji F bernilai 116,547. dan uji T pada variabel efikasi diri sebesar -1,861 dan variabel kontrol diri sebesar -14,621. Hasil persamaan regresi berganda adalah sebagai berikut Ŷ = 9,817 – 0,163X1 – 0,946X2, dari persamaan tersebut pengaruh dari efikasi diri dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik memliliki pengaruh dengan arah negatif dan signifikan. Hasil koefisien determinasi (R2) adalah 0,640 yang mengartikan bahwa tingkat pengaruh efikasi diri dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik termasuk pada klasifikasi sangat kuat. Kata Kunci: Efikasi diri, Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik The purpose of this study is to determine the influence of self-efficacy and self-control on academic procrastination of State Vocational High School 4 Pandeglang. The research method used is a survey method with a descriptive approach. The population in this study was 202 students of State Vocational High School 4 Pandeglang. Based on Slovin's formula, the number of samples in this study was 134 respondents. For data processing, researchers processed questionnaires using a likert scale. The variables Academic Procrastination (Y), Self-Efficacy (X1), and Self-Control (X2) are primary data in the form of research questionnaires. Data analysis techniques using multiple linear regression with SPSS program version 2 3.0 it begins by looking for an analysis requirement test using the Kolgomorov-Smirnov normality test with academic procrastination significance results of 0.200, self-efficacy of 0.200, and self-control of 0.200. Then use a linearity test with significance values on the linearity of self-efficacy and self-control of 0.000. Test classical assumptions using heteroskedasticity test in Spearman rho test with variable significance values of self-efficacy of 0.195 and self-control of 0.08 8. The multicholinearity test of self-efficacy and self-control variables had a tolerancre value of 0.9 71 and a VIF value of 1.029. The F test is worth 116.547. and the T test on the self-efficacy variable of -1.861 and the self-control variable of -14.621. The result of the multiple regression equation is as follows Ŷ = 9,817 – 0,163X1 – 0,946X2, From the equation, the influence of self-efficacy and self-control on academic procrastination has an influence in a negative and significant direction. The result of the coefficient of determination (R2) is 0.640 which means that the degree of influence of self-efficacy and self-control on academic procrastination belongs to the very strong classification. Keywords: Self-efficacy, Self-Control, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Corry Yohana, MM ; 2. Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 16852 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:12
Last Modified: 23 Feb 2023 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37028

Actions (login required)

View Item View Item