EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA MTS MIFTAHUL HUDA DI KABUPATEN BEKASI JAWA BARAT

AMIRUDDIN MUTHI, . (2023) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA MTS MIFTAHUL HUDA DI KABUPATEN BEKASI JAWA BARAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran online atau daring merupakan cara terbaik untuk memberikan pendidikan di masa pandemi Covid-19 agar tujuan pendidikan tetap dapat tercapai. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran daring harus dievaluasi setiap semester untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil evaluasi pembelajaran daring di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Peserta berjumlah 20 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses pengumpulan data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring yang telah dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Bekasi telah dilaksanakan dengan baik dan menggunakan teknologi multimedia yang dimiliki siswa. Kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran daring adalah sarana dan prasarana yang berkaitan dengan teknologi, kesiapan siswa dan orang tua dalam menyediakan jaringan internet, dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga hasil belajar yang dicapai siswa tidak sebaik sebelumnya. pandemi Covid-19. Namun hasil penelitian ini masih berimplikasi pada guru dalam meningkatkan pengelolaan kelas. Online learning is the best way to provide education during the Covid-19 pandemic so that educational goals can still be achieved. Therefore, the implementation of online learning must be evaluated every semester to improve the quality of learning. The purpose of the study was to obtain the results of the evaluation of online learning at Madrasah Tsanawiyah. This study used the descriptive qualitative method. Sample selection was done using the purposive sampling technique. The participants were 50 people consisting of the principal, teachers and students. Data collection techniques consist of observation, documentation, and interviews. The data collection process included data collection, data reduction, data presentation and concluding. The results of the study indicate that the implementation of online learning that has been carried out at Madrasah Tsanawiyah in Bekasi has been carried out well and uses multimedia technology owned by students. The obstacles faced during the online learning process are facilities and infrastructure related to technology, the readiness of students and parents in providing internet networks, and students' understanding of the material being taught so that the learning outcomes achieved by students are not as good as before the Covid19 pandemic. However, the results of this study still have implications for teachers in improving classroom management.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Sugiarto, M.A 2) Prof. Dr. Sarkadi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 16891 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 22:28
Last Modified: 02 Mar 2023 22:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37043

Actions (login required)

View Item View Item