PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DEMONSTRASI PADA MATA KULIAH PENGUKURAN LISTRIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMMAD WISNU AJI PRADANA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DEMONSTRASI PADA MATA KULIAH PENGUKURAN LISTRIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis video demonstrasi yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah pengukuran listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta. dan mengetahui hasil penerapan media pembelajaran video demonstrasi dalam mata kuliah pengukuran listik di program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta berdasarkan penilaian ahli media. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa dengan pengambilan sampel acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan dengan model ADDIE. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis varian dua jalur dengan desain 2x2. Hasil penelitian ini yaitu: 1) adanya perbedaan hasil praktikum pengukuran listrik mahasiswa pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Jakarta yang menggunakan jobsheet praktikum serta bantuan media pembelajaran yang dikembangan dengan mahasiswa yang melakukan praktikum hanya berdasarkan jobsheet praktikum yang diberikan. Dengan hasil analisis variansi pada taraf sigifikansi 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 130,206 > Ftabel = 4,20. 2) tidak ada interaksi dari hasil uji teori pemahaman kompetensi pengetahuan mata kuliah praktikum pengukuran listrik mahasiswa pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Jakarta yang menggunakan jobsheet praktikum serta bantuan media pembelajaran yang dikembangan dengan mahasiswa yang melakukan praktikum hanya berdasarkan jobsheet praktikum yang diberikan. Adapun hasil penilaian dosen ahli media terkait video demonstrasi penelitian ini mendapatkan kriteria “baik” dan layak untuk dijadikan media pendukung dalam pembelajaran praktikum dengan catatan. Kesimpulan: pengembangan media pembelajaran video demonstrasi pada penelitian ini berpengaruh positif terhadap praktikum namun tidak pada hasil interaksi pengetahuan yang memiliki korelasi negatif *** This research aims toproduce video-based learning media demonstrations that can increase students' understanding in electrical measurement courses in the Electrical Engineering Education study program, State University of Jakarta. and know the results of the application of demonstration video learning media in the electrical measurement course in the Electrical Engineering Education study program, State University of Jakarta based on the assessment of media experts. The number of samples in this essay are 30 scholars with random sampling. The method used in this essay is a research and development method with the ADDIE model. The analysis technique used to test the hypothesis is the analysis of two-path variants with a 2x2 design. The results of this study are: 1) there are differences in the results of the electrical measurement practicum of electrical engineering education students of The State University of Jakarta who use practicum jobsheets and learning media assistance developed with students who do practicum only based on the practicum jobsheet provided. With the results of the variance analysis at the level of cyclicalization of 0.05, the value of F count = 130.206 > Ftable = 4.20 was obtained. 2) there is no interaction from the results of the theory test of understanding the knowledge competence of the electrical measurement practicum course of electrical engineering education students, State University of Jakarta who use jobsheets practicum and learning media assistance developed with students who do practicum only based on the practicum jobsheet provided. The results of the assessment of media expert lecturers related to this research demonstration video received "good" criteria and were well-intentioned as supporting media in practicum learning with annotations. Conclusion: the development of demonstration video learning media in this study has a positive effect on practicum but not on the results of knowledge interactions that have a negative correlation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd ; 2). Massus Subekti, S.T, M.T
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 16807 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:49
Last Modified: 24 Feb 2023 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37044

Actions (login required)

View Item View Item