Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Merancang Interior Apartemen

HARTINI LASWANDI, . (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Merancang Interior Apartemen. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang pengaruh strategi pembelajaran (pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek) dan kreativitas (kreativitas tinggi dan kreativitas rendah) terhadap keterampilan merancang interior apartemen pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 dengan jumlah sampel 48 mahasiswa, dilakukan di program studi Desain Interior Universitas Tarumanagara jakarta. Hasil penelitian eksperimen ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan merancang interior apartemen Mahasisawa yang mengikuti strategi pembelajaran PBL dengan Sketchbook lebih tinggi dari keterampilan merancang interior apartemen mahasiswa yang mengikuti strategi pembelajaran PjBL dengan Logbook, (2) terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kreativitas, (3) Keterampilan merancang interior mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi dan mengikuti strategi pembelajaran PBL lebih tinggi dari keterampilan merancang interior mahasiswa yang mengikuti strategi pembelajaran PjBL, (4) Keterampilan merancang interior mahasiswa yang memiliki kreativitas rendah dan mengikuti strategi pembelajaran PBL lebih rendah dari keterampilan merancang interior mahasiswa yang mengikuti strategi pembelajaran PjBL. This study aims to answer questions about the effect of learning strategies (problem-based learning and project-based learning) and creativity (high creativity and low creativity) on students' apartment interior design skills. This study used an experimental method with design treatment by level 2x2 with a total sample of 48 students, conducted at the Interior Design study program, Tarumanagara University, Jakarta. The results of this experimental research show that: (1) student apartment interior design skills that follow the PBL learning strategy with the Sketchbook are higher than the apartment interior design skills of students who follow the PjBL learning strategy with the Logbook, (2) there is an interaction effect between learning strategies and creativity, (3) The interior design skills of students who have high creativity and follow PBL learning strategies are higher than the interior design skills of students who follow PjBL learning strategies, (4) The interior design skills of students who have low creativity and follow PBL learning strategies are lower than designing skills. interior of students following the PjBL learning strategy.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Basuki Wibawa 2). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Kesenian > Arsitektur dan Dekorasi
Kesenian > Seni (umum)
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 17079 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:02
Last Modified: 23 Feb 2023 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37139

Actions (login required)

View Item View Item