TEACHER’S INSTRUCTIONS TO STIMULATE THE STUDENTS’ LEVELS OF THINKING A CASE IN ENGLISH LANGUAGE CLASS

Tatu Khalifatuhayah, . (2016) TEACHER’S INSTRUCTIONS TO STIMULATE THE STUDENTS’ LEVELS OF THINKING A CASE IN ENGLISH LANGUAGE CLASS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TATU KHALIFATUHAYAH - 2215126219 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Instruksi-instruksi guru di dalam kelas harus diutarakan dengan jelas demi memudahkan para siswa dalam memahami informasi atas apa yang mereka harus lakukan di dalam kelas. Studi ini ditujukan untuk mencari tahu jenis aktifitas pembelajaran yang muncul berdasarkan instruksi dari guru dan untuk mengetahu level berpikir apa saja yang distimulasi oleh instruksi guru. Data penelitian ini dihasilkan dari transkrip interaksi di dalam kelas, dan seorang guru Bahasa Inggris merupakan sumber data penelitian. Observasi kelas dengan studi deskriptif kualitatif digunakan dalam studi ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam jenis aktifitas belajar yang muncul berdasarkan instruksi guru, dan aktifitas-aktifitas tersebut menstimulasi level pemikiran siswa. Level pemikiran siswa yang paling tinggi distimulasi adalah level mengetahui (53%), dan yang kedua adalah level memahami (19%), setelah itu, tiga angka yang sama (8%) untuk level menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan, sedangkan level dengan nilai stimulasi terendah (4%) adalah level mengaplikasikan. Kesimpulannya, instruksi-instruksi guru memunculkan beberapa jenis aktifitas pembelajaran dan instruksi-instruksi guru dapat menstimulasi level pemikiran para siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nina Wanda Cassandra M.Pd. ; 2). Dra. Sri Sulastini M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Feb 2020 10:57
Last Modified: 21 Feb 2020 10:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item