PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK NEGERI 5 JAKARTA

NARDI ARDANA, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Derasnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah membawa pengaruh di kehidupan serta telah memikul era yang lebih modern tidak terkecuali dalam bidang pendidikan yang memiliki peran penting dalam menumbuhkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pada proses pembelajaran tersebut dibutuhkan seorang pendidik yang mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendesain suatu media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat secara langsung memanfaatkan sumber belajar yang tersedia secara mendiri. Namun saat ini, buku teks masih merupakan salah satu media pembelajaran yang belum tergantikan dalam proses pembelajaran. Buku teks memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak mampu memvisualkan peristiwa secara dinamis, kurang interaktif, dan tidak mendukung belajar multi sumber. Pendidik perlu menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran yang mampu melengkapi kekurangan yang dimiliki buku teks yaitu dengan pengembangan modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan modul elektronik untuk mata pelajaran teknik pemesinan bubut menurut ahli materi, ahli media, dan uji coba siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Hasil uji kelayakan modul elektronik mendapatkan presentase 86,15% dari validator ahli materi, 86,15% dari validator ahli media, 87,85% dari hasil uji coba siswa kelompok kecil, dan 86,8% dari hasil uji coba siswa kelompok besar. Dari hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik untuk mata pelajaran teknik pemesinan bubut “Sangat Layak” digunakan untuk kegiatan pembelajaran. ***** The rapid development of science and technology (IPTEK) has brought influence in life and has shouldered a more modern era, including in the field of education which has an important role in growing the quality of human resources (HR). In the learning process, an educator who is able to integrate information and communication technology is needed to design a learning media that allows students to directly utilize the learning resources available independently. But nowadays, textbooks are still one of the learning media that have not been replaced in the learning process. Textbooks have several disadvantages, namely not being able to visualize events dynamically, lacking interactive, and not supporting multi-source learning. Educators need to use and develop learning media that are able to complement the shortcomings of textbooks, namely by developing electronic modules. This study aims to develop and determine the feasibility of electronic modules for lathe machining engineering subjects according to material experts, media experts, and student trials. This research uses research and development (R&D) methods with a 4D development model. The results of the electronic module feasibility test received a percentage of 86.15% from material expert validators, 86.15% from media expert validators, 87.85% from small group student trial results, and 86.8% from large group student trial results. From the results of these tests, it can be concluded that electronic modules for lathe machining engineering subjects are "Very Feasible" used for learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Syaripuddin, M.Pd. ; 2). Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 17212 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:44
Last Modified: 24 Feb 2023 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37172

Actions (login required)

View Item View Item