PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 14 JAKARTA (MAN 14 JAKARTA)

Taufan Rizki Fitriawan, . (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 14 JAKARTA (MAN 14 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Taufan 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 14 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2015-2016, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Strategi pembelajaran Kooperatif Learning tipe Teams Games Tournaments terhadap Keterampilan Membaca Siswa Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Strategi pembelajaran Kooperatif adalah salah satu pendekatan model pembelajaran yang diyakini penulis mampu memberikan pengaruh pada pembelajaran bahasa arab khususnya keterampilan dalam membaca dan menulis siswa. Sedangkan Teams Games Tournaments adalah salah satu metode dalam strategi pembelajaran kooperatif, metode ini memiliki 7 langkah yang harus dilakukan agar metode ini berjalan dengan maksimal. Untuk membuktikan bahwa Strategi pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments memiliki pengaruh di dalam pembelajaran bahasa arab. Maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 2 dan sempelnya adalah siswa kelas 2 IPA & 2 IPS sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pangambilan sempel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk melengkapi teks dan pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Setelah dilakukan Uji Normalitas dengan hasil normal, uji homogen dengan data yang homogen, dan uji hipotesis dengan uji-t maka nilai thitung yang diperoleh sebesar 5,090 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (n-2) = 65 sebesar 1,67. Maka nilai thitung > tabel. Dengan demikian, hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada Strategi pembelajaran Kooperatif Learning tipe Teams Games Tournaments terhadap Keterampilan membaca Siswa Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta ditolak. Sedangkan hipotesis penelitian (H1) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh Strategi pembelajaran Kooperatif ع Learning tipe Teams Games Tournaments terhadap Keterampilan membaca Siswa Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta diterima. Maka penggunaan Strategi pembelajaran Kooperatif Learning tipe Teams Games Tournaments ini pada pengajaran bahasa Arab dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta. Oleh karena itu pengajaran Bahasa Arab menggunakan Strategi pembelajaran Kooperatif Learning tipe Teams Games Tournaments lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Romdani M.Pd. ; 2). Mohamad Sarip, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Feb 2020 11:07
Last Modified: 21 Feb 2020 11:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3720

Actions (login required)

View Item View Item