ADAPTASI GURU DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif di SMP Negeri 24 Kota Tangerang)

ALDIO SAPUTROWIGUNO, . (2023) ADAPTASI GURU DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif di SMP Negeri 24 Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ALDIO SAPUTROWIGUNO. ADAPTASI GURU DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif di SMP Negeri 24 Kota Tangerang). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta,2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya adaptasi guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner), observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampel. Sampel penelitian ini adalah guru di SMPN 24 Tangerang berjumlah 19 Orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya adaptasi guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, memberikan pengaruh yang baik. Guru SMPN 24 Tangerang sudah melakukan upaya adaptasi pemanfaatan teknologi pembelajaran secara adaptasi aktif, semua guru belajar terlebih dahulu sebelum memanfaatkan teknologi pembelajaran dan strategi untuk mempelajari teknologi pembelajaran dengan belajar melalui browsing internet, bertanya pada teman dan ikut pelatihan. Kata Kunci: Adaptasi, Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran, Guru. i ALDIO SAPUTROWIGUNO. Adaptation of Learning Technology Utilization by Teachers During the COVID-19 Pandemic (Descriptive Study in SMP Negeri 24 Tangerang City). Thesis. Jakarta: Social Science Education Study Program, Faculty of Social Science, Jakarta State University, 2023. This study aims to determine teachers' adaptation efforts in using learning technology during the Covid-19 pandemic. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques through observation questionnaires, interviews, documentation, and literature studies. The sampling technique was carried out using a purposive sample technique. The sample of this research was 19 teachers at SMPN 24 Tangerang. The results of this study indicate that teacher adaptation efforts in the use of learning technology during the Covid-19 pandemic had a good effect. Teachers of SMPN 24 Tangerang have made efforts to adapt the use of learning technology in an active adaptation, all teachers study first before utilizing learning technology and strategies for learning learning technology by learning through browsing the internet, asking friends and participating in training. Keywords: Adaptation, utilization, Learning Technologies, Teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. 2). Nandi Kurniawan, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 17181 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:30
Last Modified: 27 Feb 2023 03:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37276

Actions (login required)

View Item View Item