PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERUPA APLIKASI ENVI-C (ENVIRONMENT CHANGE) BERBASIS ANDROID SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

NURHAZIZAH, . (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERUPA APLIKASI ENVI-C (ENVIRONMENT CHANGE) BERBASIS ANDROID SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penyebab permasalahan krisis lingkungan saat ini antara lain karena kesalahan cara pandang manusia terhadap lingkungan dan rendahnya rasa peduli masyarakat akan perubahan lingkungan yang terjadi. Maka dari itu pelaksanaan pembelajaran di Indonesia saat ini menekankan pembentukan karakter, salah satu karakter penting yang harus dimiliki yaitu karakter peduli lingkungan. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas produk pengembangan multimedia interaktif aplikasi ENVI-C (Environment Change) sebagai media pembelajaran materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Produk pengembangan selanjutnya divalidasi untuk mengetahui kelayakan dan efektifitasnya dalam pembelajaran oleh validator. Validator penelitian meliputi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan peserta didik XI MIPA. Uji efektifitas media dibuktikan dengan adanya peningkatan karakter peduli lingkungan peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa multimedia interaktif ENVI-C (Environment Change) mendapatkan penilaian dengan skor rata-rata 3.5 dengan kategori sangat valid dan skor N-gain sebesar 0,22 dengan kategori rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ENVI-C (Environment Change) sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mempelajari materi perubahan lingkungan dan efektif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik. **** The causes of the current environmental crisis are, among others, the human error in the perspective (paradigm) of the environment and the low sense of community care for the environment that occur. Therefore, the implementation of learning in Indonesia currently emphasizes the formation of character, one of the important characters that must be possessed is the character of caring for the environment. This study aims to develop and determine the effectiveness of interactive multimedia application ENVI-C (Environment Change) as a medium for learning environmental change material. The research was conducted at SMAN 12 Jakarta. The research method used is Research and Development (R&D) using the ADDIE model. The product development is further validated to determine its feasibility and effectiveness in learning by the validator. The research validators include media experts, material experts, linguists, and XI MIPA. The media effectiveness test is evidenced by an increase in student learning outcomes before and after the use of learning media. The results showed that the interactive multimedia ENVI-C (Environment Change) received an average score of 3.5 with a very valid category and obtained an N-gain score of 0.22 with a low category. The conclusion of this study suggests that the interactive multimedia ENVI-C (Environment Change) is very feasible to be used as a learning medium in studying environmental change material and effective in improving the environmental care character of students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurmasari S, M.Biomed ; 2). Ema Heryanti, S.Hut., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 17233 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:56
Last Modified: 01 Mar 2023 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37302

Actions (login required)

View Item View Item