PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SATUAN PENDIDIKAN JAJARAN LEMDIKLAT POLRI

ARISTY MAYDINI, . (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SATUAN PENDIDIKAN JAJARAN LEMDIKLAT POLRI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Bab II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Hasil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional, kompetensi dan budaya organisasi terhadap kinerja pendidik di lingkungan Lemdiklat Polri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode survey dengan menggunakan instrumen kuesioner untuk memperoleh data lapangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Jumlah populasi penelitian ini adalah 1006 Pendidik Polri yang telah tersertifikasi dengan responden dari penelitian ini adalah 286 pendidik Polri yang berasal dari 16 Satuan Pendidikan jajaran Lemdiklat Polri dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Permasalahan kinerja pendidik Polri muncul diantaranya dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan kompetensi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja pendidik dengan kontribusi sebesar 51,7%, (2) kompetensi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sebesar 51,3%, (3) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sebesar 58,3%, (4) kepemimpinan transformasional berpengaruh tidak langsung terhadap kompetensi dengan skor correlation yakni 0.409, (5) kepemimpinan transformasional berpengaruh tidak langsung terhadap budaya organisasi dengan skor correlation sebesar 0.307 dan (6) kompetensi berpengaruh tidak langsung terhadap budaya organisasi dengan skor correlation 0.297. Penelitian ini juga menghasilkan model konseptual peningkatan kinerja pendidik melalui kepemimpinan transformasional, budaya. The objective of this research was to analyze the effect of transformational leadership, competence and organizational culture on the performance of educators in the Indonesia National Police Education and Training Center. This research is a quantitative research conducted by survey method using a questionnaire instrument to obtain field data. The data obtained were analyzed using path analysis. The total population of this research is 1006 Polri educators who have been certified dan the respondents from this study 286 Polri educators from 16 Education and Training Units using proportional random sampling technique. Problems in the performance of Polri educators arise, among others, influenced by transformational leadership, organizational culture and competence. Based on the results of the study, the following conclusions were drawn: (1) transformational leadership has a direct positive effect on educator performance with a contribution of 51.7%, (2) organizational culture has a direct positive effect on performance by 58.3%, (3) competence has a direct positive effect on performance by 51.3%, (4) transformational leadership has an indirect effect on competence with a correlation score of 0.409, (5) transformational leadership has no direct effect on organizational culture with a correlation score of 0.307 and (6) competence has no direct effect on organizational culture with a correlation score 0.297. This research also produces a conceptual model of improving the performance of educators through transformational leadership, organizational culture and competence.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Totok Amin Soefijanto, Ed.D. 2). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 17128 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2023 22:50
Last Modified: 26 Feb 2023 22:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37303

Actions (login required)

View Item View Item