ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ANTENA MIKROSTRIP SPARSE ARRAY DAN FULL ARRAY UNTUK APLIKASI RADAR OTOMOTIF 24 GHZ

GILANG FAJAR ROMADAN, . (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ANTENA MIKROSTRIP SPARSE ARRAY DAN FULL ARRAY UNTUK APLIKASI RADAR OTOMOTIF 24 GHZ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan rekayasa struktur antena mikrostrip dengan penggunaan metode sparse array algoritma spasi untuk aplikasi radar otomotif 24 GHz. Metode sparse array algoritma spasi merupakan metode yang digunakan untuk menentukan jarak antar elemen array. Penggunaan metode sparse array algoritma spasi berpengaruh terhadap jumlah elemen. Gain yang dibutuhkan untuk radar otomotif minimal 20 dBi. Antena mikrostrip memiliki kekurangan yaitu keterbatasan gain. Penggunaan metode array akan meningkatkan gain sehingga akan berpengaruh terhadap performansi antena dan dimensi antena. Pertambahan dimensi antena akan berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan sehingga dibutuhkan metode sparse array. Pada penelitian ini diajukan penerapan metode sparse array algoritma spasi untuk rekayasa struktur patch sehingga terjadi efisiensi jumlah elemen. Hasil simulasi menunjukan bahwa tidak terjadi penurunan performansi secara signifikan yang dilihat dari parameter antena seperti return loss, bandwidth, VSWR, gain, dan side lobe level. Gain hasil simulasi juga menunjukan bahwa sudah memenuhi gain minimum radar otomotif yaitu 20 dBi. In this study, the structural engineering of microstrip antennas was developed using the sparse array method with the spacing algorithm for 24 GHz automotive radar applications. The sparse array method The spacing algorithm determines the distance between array elements. The use of the sparse array method affects the number of elements. The gain required for an automotive radar is at least 20 dBi. Microstrip antenna has a drawback, namely the limited gain. The array method will increase the gain to affect the antenna performance and dimensions. The additional dimensions of the antenna will affect the costs incurred, so the sparse array method is needed. In this research, it is proposed to apply the sparse array method to the spacing algorithm for patch structure engineering so that the efficiency of the number of elements occurs. The simulation results show no significant decrease in performance, as seen from the antenna parameters such as return loss, bandwidth, VSWR, gain, and side lobe level. Gain simulation results also show that it meets the minimum gain of automotive radar, which is 20 dBi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Efri Sandi, M.T. ; 2). Dr. Baso Maruddani, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 17222 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:05
Last Modified: 01 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37436

Actions (login required)

View Item View Item