PENGARUH RASIO KOMPRESI TERHADAP KARAKTERISTIK MESIN SEPEDA MOTOR 4-LANGKAH HASIL KONVERSI MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR E100

ALEXANDER IKHSAN ABDURRACHMAN R, . (2023) PENGARUH RASIO KOMPRESI TERHADAP KARAKTERISTIK MESIN SEPEDA MOTOR 4-LANGKAH HASIL KONVERSI MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR E100. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Solusi utama untuk mengurangi ketergantungan kepada bahan bakar hasil minyak seperti bensin adalah untuk mencari sumber energi yang berbeda untuk menjalankan mesin kendaraan. Salah satu masalah dengan bahan bakar yang berbeda seperti Etanol adalah lebih sedikitnya kadar energi bila dibandingkan dengan bensin. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui rasio kompresi yang terbaik untuk mesin bensin 1 silinder 125cc yang telah dikonversi untuk menggunakan bahan bakar E100, sehingga didapatkan rasio kompresi yang tepat menghasilkan karakteristik mesin terbaik. Penelitian menggunakan metode eksperimental. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja mesin, khususnya parameter RPM, torsi, daya dan tekanan silinder dengan mengatur variabel rasio kompresi mesin efektif (9,3:1, 9,8:1, 10,3:1, 10,8:1). Proses pengujian dengan pengukuran unjuk kinerja menggunakan alat Dynamometer untuk memperoleh kecepatan mesin, torsi dan daya dan menggunakan Compression Tester untuk mengukur peningkatan tekanan silinder akibat rasio kompresi yang lebih tinggi. Pengujian menemukan bahwa dengan meningkatnya rasio kompresi, terdapat peningkatan daya puncak 7,78%, 2,16%, dan 5,51% pada tiap peningkatan dan peningkatan torsi puncak 8,06%, 0,79%, dan 3,6% pada tiap peningkatan. Tekanan silinder ditemukan meningkat 20 psi, 5 psi, dan 15 psi pada tiap peningkatan kompresi. **** The main solution to reducing dependence on crude oil products such as gasoline is to find an appropriate alternative energy source for use in automotive engines. One of the problems with alternative energy sources such as ethanol is the lower concentration of energy when compared to gasoline. This research experiment was carried out with the intention of finding the most appropriate compression ratio for a single-cylinder 125cc motorcycle gasoline engine that has been converted to use E100 fuel, until the appropriate ratio that can yield the best characteristics can be found. This research experiment uses the experimental method. Testing is done to determine the engine characteristics, primarily the RPM, torque, energy output and cylinder pressure characteristics by the effective compression ratio (9.3:1, 9.8:1, 10.3:1, 10.8:1). The testing method is carried out with the measuring of performance using a Dynamometer to measure rotations per minute, torque and power and using a Compression Tester to measure the increase in cylinder pressure as a result of the higher compression ratio. Testing found that with the increase of compression ratio, there was an increase of peak power of 7,78%, 2,16%, and 5,51% respectively and an increase of peak torque of 8,06%, 0,79%, and 3,62% respectively. Cylinder pressure was found to have increased by 20 psi, 5 psi, and 15 psi respectively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd ; 2). Dr. Darwin Rio Budi S, ST., MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 17372 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 05:24
Last Modified: 02 Mar 2023 05:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37464

Actions (login required)

View Item View Item