ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 78 JAKARTA

NURINDAH ARDIYANA PUTRI, . (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 78 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (838kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nurindah Ardiyana Putri. 4315152437. Analisis Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta. Level kemampuan berpikir spasial diukur melalui 8 indikator yang diadaptasi dari Spatial Thinking Ability Test (STAT) yang dikembangkan oleh Lee dan Bednarz pada tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 71 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf error sebesar 5% sehingga didapatkan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random samping karena populasi bersifat homogen. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner berupa tes pilihan ganda melalui Google Form. Teknik analisis data dilakukan secara persentase. Berdasarkan kuesioner yang telah didistribusikan kepada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta, Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan berpikir spasial peseta didik kelas XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta terbagi atas 3 tingkat yaitu dimulai dari level rendah dengan rentang nilai 0 – 33.33 yang diperoleh sebanyak 23 peserta didik dengan persentase 38%, kemudian level sedang dengan rentang nilai 33.34 – 66.66 yang diperoleh 26 peserta didik dengan persentase 44% dan level tinggi dengan rentang nilai 66.67-100 yang diperoleh 11 peserta didik dengan persentase 18%. Berdasarkan capaian pada kelas-kelas tersebut, tingkat berpikir spasial peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta berada pada kategori sedang. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Spasial, Pengukuran, Peserta Didik, Sekolah Menengah Atas Nurindah Ardiyana Putri. 4315152437. Analisis Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2023. The aim of this study is trying to analyze spatial thinking ability’s level of students in XI IPS (Social Science) class on state senior high of 78 Jakarta. The level of spatial thinking measured through eight indicators adapted from Spatial Thinking Ability Test (STAT) that developed by Lee and Bednarz on 2012. Population of this research is students of XI IPS A and B class amounted to 71 students. To determine the number of samples, the researcher used the Slovin formula with an error rate of 5% which resulted in a sample of 60 students who were taken using the simple random sampling technique because the population is homogeneous. The methods that used in this study is descriptive. The data collection technique used a questionnaire in the form of multiple choice tests via google form. The technique of analyses in this study uses percentage and it is described in details. Based on the questionnaire that was distributed to students in class XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta, the results showed the level of spatial thinking ability of students in class XI IPS SMA Negeri 78 Jakarta was divided into 3 levels, starting from the low level with a value range of 0 – 33.33 which obtained a total of 23 students with a percentage of 38%, then a moderate level with a value range of 33.34 – 66.66 obtained by 26 students with a percentage of 44% and a high level with a value range of 66.67-100 obtained by 11 students with a percentage of 18%. Based on the achievements in these classes, the level of spatial thinking of class XI IPS students at Senior High of 78 Jakarta is in the medium category. Keywords : Spatial Thinking Ability, Measurement, Students, Senior High School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd. 2). Rayuna Handawati, S.Si., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 17277 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:08
Last Modified: 02 Mar 2023 03:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37525

Actions (login required)

View Item View Item