NOVAL NAVI'AN NUR SYA'BAN, . (2023) PENGARUH VARIASI SUDUT WINDSCREEN TERHADAP TAHANAN AERODINAMIS MOBIL DENGAN STANDAR ERGONOMIS SAE J1100. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan yang bergerak dengan kecepatan tertentu akan mengalami hambatan aerodinamika yang dipengaruhi oleh faktor bentuk dan aliran udara yang bersentuhan secara langsung, profil bagian depan kendaraan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hambatan aerodinamika yang terjadi karena aliran udara yang bergerak secara teratur akan terpecah ketika bersentuhan dengan bodi kendaraan yang menyebabkan terjadinya penurunan tekanan pada bagian belakang kendaraan dan terjadi separasi aliran udara. Pengembangan desain kendaraan merupakan salah satu upaya mengurangi besarnya hambatan aerodinamika Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya aerodinamika yang terjadi pada lima model kendaraan yang telah dirancang dengan standar ergonomis J1100 yang mana tiap model kendaraan di variasi kan dengan sudut kemiringan Windscreen sebesar 30,35, dan 40 dan akan di uji CFD dengan software solidworks, kecepatan aliran udara diset pada kecepatan 22.222 m/s, 25 m/s dan 27.7778 m/s. Hasil penelitian menunjukkan koefisien hambat terkecil terjadi pada model D dengan variasi sudut 35 derajat dengan nilai 0,301 Kata Kunci: aerodinamika, cfd, koefisien hambat, koefisien angkat ****** Vehicles that move at a certain speed will experience aerodynamic resistance which is influenced by the shape factor and airflow that is in direct contact, the profile of the front of the vehicle is one of the factors that affect the aerodynamic resistance that occurs because the airflow that moves regularly will split when it comes into contact with the body vehicle which causes a decrease in pressure on the rear of the vehicle and air flow separation occurs. The development of vehicle design is an effort to reduce the amount of aerodynamic resistance. This study aims to analyze the aerodynamic gayas that occur in five vehicle models that have been designed with the J1100 ergonomic standard, where each vehicle model is varied with a Windscreen tilt angle of 30.35 and 40 and will be tested CFD with solidworks software, the airflow velocity is set at 22.222 m/s, 25 m/s and 27.7778 m/s. The results showed that the smallest hambat koefisien occurred in model D with an angle variation of 35 degree with a value of 0.301 Keyword: aerodynamic , cfd, koefisien hambat, koefisien angkat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. H. Sirojuddin, M.T. ; 2). Dr. Eko Arif Syaefudin, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 17232 not found. |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 05:38 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 05:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37570 |
Actions (login required)
View Item |