SUHARTI, . (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN LAUT (Penelitian Mixed-Method pada Anak Kelas 2 Sekolah Dasar di Jawa Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (468kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Konsep kesadaran lingkungan laut perlu ditanamkan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh pendekatan pembelajara STEAM dan keterampilan berpikir terhadap kesadaran lingkungan laut pada anak kelas 2 sekolah dasar di Jawa Barat. Metode penelitian mengguakan mixed-method untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam dan komprehensif. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu anak kelas 2 sekolah dasar di Kabupaten Cirebon yang merupakan wilayah Pesisir Utara Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji anava 2x3, analisis kualitatif menggunakan analisis matrix, dan integrasi data menggunakan skema Alan Bryman dengan lima justifikasi meliputi triangulasi , komplementaritas, pengembangan, inisiasi, dan ekspansi. Penelitian ini mengeksplorasi sebelas pertanyaan penelitian yang terdiri dari delapan pertanyaan penelitian kuantitatif dan tiga pertanyaan kualitatif. Pengujian hipotesis dilakukan terhadap delapan pertanyaan penelitian kuantitatif. Hasill penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penekatan pembelajaran STEAM dengan pendekatan pembelajaran saintifik; terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan pemecahan masalah dengan keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif; pendekatan pembelajaran STEAM dan keterampilan pemecahan masalah secara bersama-sama memilki pengaruh lebih baik dibandingkan dengan lainnya; kesadaran lingkungan laut pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM lebih baik daripada kesadaran lingkungan laut pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik; proses pendekatan pembelajaran STEAM dinilai positif oleh partisipan karena anak merasa senang mengikuti pembelajaran; dan pendekatan pembelajaran STEAM dinilai memiliki respon positif oleh partisipan. Implikasi dari penelitian ini, guru dapat mendesain pembelajaran yang berkualiatas untuk mempersiapkan anak-anak yang menghadapi tantangan global dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM, guru dapat mengimplementasikan pendekatan pembelajaran STEAM dan mengeksplorasi pendekatan pembelajaran STEAM dan kesadaran lingkungan laut pada anak usia dini yang lebih komprehensif yang melibatkan variabel lainnya, serta bagi orangtua dan guru, dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan secara mandiri sehingga anak terbiasa memecahkan masalah dari hal yang paling sederhana. Kata Kunci : pendekatan pembelajaran, STEAM, saintifik, keterampilan berpikir, kesadaran lingkungan laut. The concept of marine environmental awareness needs to be instilled from an early age. This study explores the effect of the STEAM learning approach and thinking skills on awareness of the marine environment in grade 2 elementary school children in West Java. The research method uses a mixed method to provide a more in-depth and comprehensive picture. The sample in this study was selected using a purposive sampling technique, namely grade 2 elementary school children in Cirebon Regency, the North Coast region of West Java. Data was collected through questionnaires, observation, interviews, and documentation. Quantitative data analysis used the 2x3 Anava test, the qualitative analysis used matrix analysis, and data integration used Alan Bryman's scheme with five justifications: triangulation, complementarity, development, initiation, and expansion. This study explores eleven research questions consisting of eight quantitative research questions and three qualitative questions. Hypothesis testing was carried out on eight quantitative research questions. The research results show that there is a significant difference between the STEAM learning approach and the scientific learning approach; there is a significant difference between problem-solving skills and critical thinking skills, and creative thinking skills; the STEAM learning approach and problem-solving skills together have a better effect than the others; awareness of the marine environment in the experimental class using the STEAM learning approach is better than awareness of the marine environment in the control class using a scientific learning approach; the process of the STEAM learning approach was assessed positively by the participants because the children felt happy participating in learning; and the STEAM learning approach is considered to have a positive response by the participants. This research implies that teachers can design quality learning to prepare children to face global challenges by using the STEAM learning approach; teachers can implement the STEAM learning approach and explore a more comprehensive STEAM learning approach and awareness of the marine environment in early childhood that involves other variables, as well as for parents and teachers, can provide opportunities for children to carry out activities independently so that children are used to solving problems from the simplest things.. Keyword: learning approach, STEAM approach, scientific approach, thinking skills, marine environmental awareness.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi.; 2). Dr. Hapidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 17543 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 01:12 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 01:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37831 |
Actions (login required)
View Item |