REZA APRILIANTO MANDALA PUTRA, . (2023) PENGEMBANGAN MOOC BERBASIS GAMIFIKASI PADA MATA KULIAH MEKANIKA TEKNIK 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (622kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan MOOC berbasis gamifikasi pada Mata Kuliah Mekanika Teknik 1 yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran baru. Hasil produk pada penelitian ini berupa platform MOOC berbasis gamifikasi yang memiliki kelas yang berkaitan dengan Mata Kuliah Mekanika Teknik 1 yang dapat diakses secara online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D), dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four D-Models dan analisis gamifikasi menggunakan Octalysis Gamification Framework. Berdasarkan hasil penelitian, hasil validasi media menunjukkan bahwa persentase kelayakan produk MOOC berbasis gamifikasi pada Mata Kuliah Mekanika Teknik 1 adalah 85,7% atau berada dalam kategori “Sangat Layak”. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini ada dua yaitu, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Hasil dari uji coba menunjukkan bahwa kelayakan platform MOOC berada dalam persentase 92,13%. Dan 92% dengan kategori “Sangat Layak”. ***** This study aims to develop a gamification-based MOOC in engineering mechanics 1 courses that can be used as a new learning alternative. The product in this study is a gamification-based MOOC platform that has classes related to engineering mechanics 1 courses that can be accessed online. The research method used in this study is the research and development (R&D) method, and the development model used in this research is the Four D-Models model and gamification analysis using the Octalysis Gamification Framework. Based on the research results, the media validation results show that the percentage of eligibility for gamification-based MOOC products in engineering mechanics 1 courses is 85.7% or is in the "Very Eligible" category. There were two trials conducted in this study, namely limited trials and field trials. The results of the trial show that the feasibility of the MOOC platform is in the percentage of 92.13%. And 92% in the "Very Eligible" category. Keywords: MOOC, Gamification, Engineering Mechanics
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Anisah, M.T. ; 2). Dr. Tuti Iriani, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 17454 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 06:49 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 06:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37847 |
Actions (login required)
View Item |