IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) PADA SMK TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI (TKP) DI DKI JAKARTA

NADA REZKIANA NAUFALIA, . (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) PADA SMK TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI (TKP) DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Building Information Modeling (BIM) pada SMK Teknik Konstruksi dan Properti di DKI Jakarta yaitu di SMKN 1 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas XII DPIB dengan total keseluruhan sampel berjumlah 124 siswa. Implementasi Building Information Modeling (BIM) di SMKN 1 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta diukur berdasarkan enam indikator yaitu perangkat pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, penugasan, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran Building Information Modeling (BIM) di SMKN 1 Jakarta yaitu ArchiCAD sedangkan di SMKN 35 Jakarta perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Revit dan ArchiCAD. Media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Building Information Modeling (BIM) video tutorial, e-modul dan power point. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Building Information Modeling (BIM) yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi. Penugasan pada pembelajaran Building Information Modeling (BIM) berbentuk project. Evaluasi pembelajaran Building Information Modeling (BIM) dilakukan dengan penilaian project, ulangan harian dan remedial. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Building Information Modeling (BIM) di SMKN 1 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta sudah terlakasana dengan baik. ***** This study aims to determine the implementation of Building Information Modeling (BIM) learning at Construction and Property Engineering Vocational Schools in DKI Jakarta, namely at SMKN 1 Jakarta and SMKN 35 Jakarta. This research uses the descriptive quantitative method. Data collection techniques using a questionnaire. This study used a sample of class XII DPIB students with a complete selection of 124 students. Implementing Building Information Modeling (BIM) at SMKN 1 Jakarta and SMKN 35 Jakarta is measured based on six indicators: learning tools, learning media, learning methods, assignments, learning activities, and learning evaluation. The results showed that the building information modeling (BIM) learning tool at SMKN 1 Jakarta was ArchiCAD, while at SMKN 35 Jakarta, the learning tools used were Revit and ArchiCAD. They are learning media used in Building Information Modeling (BIM) video tutorials, e-modules, and power points. The method used in learning Building Information Modeling (BIM) is lecture, question and answer, and discussion. Assignments on Building Information Modeling (BIM) learning are in the form of projects. Project assessment, daily tests, and remedial carryout evaluation of Building Information Modeling (BIM) learning. The learning of Building Information Modeling (BIM) at SMKN 1 Jakarta and SMKN 35 Jakarta has been implemented well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Anisah, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 17361 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 05:23
Last Modified: 06 Mar 2023 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37919

Actions (login required)

View Item View Item