PENGARUH SUMBER BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI JAKARTA SELATAN

LIA AYU ASHARY, . (2022) PENGARUH SUMBER BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh sumber belajar, intensitas belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri di Jakarta Selatan. Pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan penedekatan deskriptif kuantitatif. Metode survey adalah suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan data secara fakta dari tempat langsung penelitian secara ilmiah bukan buatan, dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara penyembaran kuisioner, wawancara serta observasi secara langsung tanpa eksperimen. Pendekatan deskriptif kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data berupa angka sebagai bentuk subjek penelitian yang akan diteliti atau sebagai alat untuk menganalisis pengetahuan yang akan dicari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri Jakarta Selatan yakni SMAN 38 Jakarta, SMAN 49 Jakarta dan SMAN 109 Jakarta. Instrument penelitian berupa lembar angket variabel sumber belajar, lembar angket variabel intensitas belajar dan lembar angket kedisiplinan sedangkan variabel hasil belajar menggunakan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan hasil persamaan adalah Y = 24,551 + 0,085X1 + 0,789X2 + 0,200X3. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 93,3%. Nilai F sebesar 389,567 > 2,713 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya bahwa variabel sumber belajar, intensitas belajar dan kedisiplinan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Sumber Belajar; Intensitas Belajar; Kedisiplinan; Hasil Belajar *** Study this discuss about influence source study , intensity study and discipline to results study student class XI on the eye lesson economics at a public high school in South Jakarta. On research this use survey method with approach quantitative descriptive . _ The survey method is something method used _ for get data for fact from the place direct study in a manner scientific no artificial , deep data collection is carried out with method spread questionnaire , interview as well as observation in a manner direct without experiment . Approach descriptive quantitative is method research that uses data in the form of number as form subject research to be researched or as tool for analyze knowledge that will sought . subject study this is student class XI at SMA Negeri Jakarta Selatan namely SMAN 38 Jakarta, SMAN 49 Jakarta and SMAN 109 Jakarta. Research instruments form sheet questionnaire variable source study , sheets questionnaire variable intensity study and sheets questionnaire discipline whereas variable results study use results Mid Semester Assessment (PTS). Data analysis technique used is analysis multiple linear regression with results equality is Y = 24.551 + 0.085X1 + 0.789X2 + 0.200X3. Hypothesis test results study show that R square value of 93.3%. F value of 389.567 > 2.713 with score significant 0.000 < 0.05 means that variable source study , intensity study and discipline in a manner together take effect positive and significant to results study student class XI on the eye lesson economy . Keywords : Source _ study ; Intensity study ; Discipline ; Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si ; 2). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 17262 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:07
Last Modified: 06 Mar 2023 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38034

Actions (login required)

View Item View Item