PENENTUAN STRATEGI BERSAING TERBAIK PADA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE AHP DAN GAME THEORY

AULIA MEDANGARA HAKIM, . (2023) PENENTUAN STRATEGI BERSAING TERBAIK PADA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE AHP DAN GAME THEORY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan situs iPrice.co.id terdapat 5 e-commerce di Indonesia dengan jumlah pengunjung terbanyak. Hal ini disebabkan oleh strategi bersaing yang diterapkan oleh masing-masing e-commerce guna memenangkan atau mempertahankan persaingan dengan pertimbangan strategi yang paling menarik bagi calon konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing terbaik yang perlu diterapkan oleh e-commerce menggunakan game theory dan penilaian dari konsumen terhadap e-commerce serta variabel pendukung menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Sampel penelitian ini adalah warga Jakarta yang merupakan pengguna e-commerce. Hasil dari penelitian pada metode AHP didapatkan hasil perankingan e-commerce dengan peringkat prioritas tertinggi sampai terendah yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan Bukalapak dan variabel yang diperhatikan konsumen untuk melakukan pembelian pada e-commerce dari prioritas tertinggi sampai terendah yaitu Keamanan, Kepercayaan, Gratis Ongkir, Banjir Promo, Harga, Kualitas Produk, Metode Pembayaran, Tampilan Web, Merek Produk dan Keragaman Produk, dimana selanjutnya dilakukan pemilihan 6 variabel dengan prioritas yang tertinggi dan variabel tersebut digunakan untuk penentuan strategi bersaing terbaik menggunakan metode game theory. Hasil dari game theory didapatkan bahwa untuk e commerce Tokopedia perlu menggunakan strategi Kualitas Produk, Banjir Promo, dan Kepercayaan, untuk Shopee yaitu Gratis Ongkir, Banjir Promo dan Keamanan, untuk Lazada yaitu Kualitas Produk, Gratis Ongkir, Banjir Promo, dan Keamanan, untuk Bukalapak yaitu Kualitas Produk, Harga, Gratis Ongkir, Banjir Promo, Kepercayaan, dan Keamanan, untuk Blibli yaitu Harga, Gratis Ongkir, Banjir Promo dan Keamanan. Based on the iPrice.co.id website, there are 5 e-commerce sites in Indonesia with the highest number of visitors. This is caused by the competitive strategy implemented by each e-commerce in order to win or maintain competition with consideration of the most attractive strategy for potential customers. The purpose of this study is to determine the best competitive strategy that needs to be implemented by e-commerce using game theory and consumer evaluation of e-commerce and supporting variables using the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. The sample of this research is Jakarta citizens who are e-commerce users. The results of the research on the AHP method obtained e-commerce ranking results with the highest priority ranking to the lowest, namely Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli and Bukalapak and the variables that consumers pay attention to when making purchases on e-commerce from the highest priority to the lowest, namely Security, Trust, Free Shipping, Lots of Promos, Price, Product Quality, Payment Methods, Web Appearance, Product Brands and Product Diversity, where the 6 variables with the highest priority are then selected and these variables are used to determine the best competitive strategy using the game theory method. The results from game theory show that for Tokopedia e-commerce it is necessary to use a Product Quality strategy, Flood of Promos, and Trust, for Shopee namely Free Shipping, Lots of Promos and Security, for Lazada namely Product Quality, Free Shipping, Lots of Promos, and Security, for Bukalapak namely Product Quality, Price, Free Shipping, Lots of Promos, Trust, and Security, for Blibli namely Price, Free Shipping, Lots of Promos and Security.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Widyanti Rahayu, M.Si. ; 2). Dr. Yudi Mahatma, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: Users 17820 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:38
Last Modified: 08 Mar 2023 06:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38073

Actions (login required)

View Item View Item