KAMILA AULIA RAHMA, . (2023) PENGEMBANGAN GAMIFIKASI E-LEARNING PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MELATIHKAN KOLABORASI SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (548kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gamifikasi e-learning pada materi termodinamika untuk melatihkan kolaborasi siswa. Pengembangan ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Analysis dilakukannya studi literatur untuk mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi terkait produk yang dikembangkan. Selanjutnya, merancang desain produk dengan membuat materi, latihan soal, dan peraturan. Pengembangan gamifikasi e-learning ini berbantuan Classcraft. Classcraft menambahkan lapisan game petualangan di atas infrastruktur kursus yang sudah tersedia. Desain gamifikasi yang sudah dikembangkan kemudian melalui tahapan uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, dan ahli perangkat lunak serta dilakukan uji coba pada guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini adalah desain gamifikasi e-learning pada materi termodinamika yang dapat digunakan untuk melatihkan kolaborasi siswa dengan cara siswa berkolaborasi dengan timnya untuk menyelesaikan quest, memperoleh XP dan Crystal, menjaga Health sesama anggota kelompok, serta menghindari hukuman. Hasil penilaian produk oleh ahli materi sebesar 96,43%, ahli media pembelajaran sebesar 92,54%, dan ahli perangkat lunak sebesar 97,22%. Interpretasi dari penelitian ini termasuk kategori “sangat layak”. Sehingga gamifikasi e-learning pada materi termodinamika dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk melatihkan kolaborasi siswa. This research aims to develop an e-learning gamification on thermodynamics material to train student collaboration. This development was carried out using the Research and Development (R&D) methodology of the ADDIE approach (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). In the Analysis phase, a literature study is conducted out to identify and collect information about the product to be developed. Next, create the product design by creating materials, exercises, and rules. E-learning gamification development powered by Classcraft. Classcraft adds an adventure game layer to your existing course infrastructure. Developed gamification designs are tested by teachers and students through phases of validation testing by material experts, learning media experts, and software experts. The results of this research will be used to train student collaboration by working with their teams to complete quests, gain XP and Crystals, and maintain the Health of fellow group members to avoid punishment. Product ratings were 96.43% by material experts, 92,54% by learning media experts, and 97,22% by software experts. The interpretation of this research can be classified as "highly feasible". So this e-learning gamification on thermodynamics material can be used as a learning medium to train student collaboration.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dewi Muliyati, S.Pd., M.Si., M.Sc. ; 2). Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 17303 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 06:41 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 06:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38098 |
Actions (login required)
View Item |