DERZA ADITYA ARSYAD, . (2023) ANALISA AERODINAMIKA BODY KIT RWB (RAUH-WELT BEGRIFF) YANG TERPASANG DI MOBIL SPORT PORSCHE 911 MENGGUNAKAN SOLIDWORKS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Aerodinamika selalu berkaitan dengan kendaraan jenis apapun, terutama pada mobil balap yang diaplikasikan ke mobil sport yang memiliki spesifikasi performa diatas standar dan mampu berkompeten. Porsche dengan model andalannya tipe 911 akan dibangun ulang dengan memodifikasi bagian-bagian aerodinamika pada bagian bodi mobil atau body kit seperti RAUH-Welt Begriff (RWB). Untuk mencari perbandingan hasil aerodinamika untuk rancangan model Porsche 911 dan mobil yang sama dengan body kit RWB serta variabel jenis sayap pada mobil tersebut maka diperlukan penelitian melalui perangkat lunak, yaitu SolidWorks Flow Simulation untuk memperoleh data yang akan divalidasi secara otomatis. Dari simulasi aliran melalui perangkat lunak telah didapatkan hasil analisis pada aliran angin yang semakin naik dan jumlah tekanan yang semakin tinggi, serta nilai koefisien gaya hambat (CD) mencapai 0.24 hingga 0.37 dan koefisien gaya turun (CL) mencapai 0.1 hingga -0.06. Dari hasil analisis terjadi peningkatan aerodinamika yang signifikan berdasarkan pada aliran angin dan jumlah tekanan dengan adanya variabel sayap yang terpasang pada model Porsche 911 dengan body kit RWB. ***** Aerodynamics is always related to any type of vehicle, especially racing cars which are applied to sports cars that have above standard performance specifications and are competent. Porsche with its flagship model, the 911 type, will be rebuilt by modifying aerodynamic parts on car body parts or body kits such as the RAUH-Welt Begriff (RWB). To find a comparison of aerodynamic results for the design of the Porsche 911 model and the same car with the RWB body kit and the variable type of wings on the car, research is needed through software, namely SolidWorks Flow Simulation to obtain data that will be validated automatically. From the flow simulation through the software, analysis results have been obtained on increasing wind flow and higher pressure, as well as coefficent of drag (CD) reach 0.24 to 0.37 and coefficient of down (CL) reach 0.1 to -0.06. From the results of the analysis there is a significant increase in aerodynamics based on wind flow and the amount of pressure with the variable wing installed on the Porsche 911 model with the RWB body kit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Pratomo Setyadi, M.T. ; 2.) Dr. Catur Setyawan Kusumohadi, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 17848 not found. |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 07:38 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 07:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38435 |
Actions (login required)
View Item |