PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN TOPIK KENNENLERNEN KELAS X SMA SEMESTER I

YULY TRIANA, . (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN TOPIK KENNENLERNEN KELAS X SMA SEMESTER I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

YULY TRIANA. 2023. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz pada Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Topik Kennenlernen Kelas X SMA Semester I. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Quizizz yang mengintegrasikan materi pembelajaran dan kuis bahasa Jerman dalam satu media sebagai media pendukung pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman topik Kennenlernen kelas X semester I. Pengembangan multimedia ini dilakukan dengan menggunakan pedoman penelitian dan pengembangan (Research and Development) Sugiyono level 1. Data pada penelitian pengembangan ini adalah kumpulan materi pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman topik Kennenlernen dan media aplikasi Quizizz. Materi dan media tersebut kemudian dilakukan validasi oleh 1 ahli materi dan 1 ahli media. Berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan aplikasi Quizizz dan berdasarkan validasi yang telah dilakukan, didapatkan bahwa hasil skor validasi dari ahli materi memperoleh nilai 90% dan dari ahli media memperoleh nilai 93%. Berdasarkan kedua nilai di atas yang dihitung dengan menggunakan pedoman alur perhitungan penilaian dari Tegeh, dkk., maka dapat disimpulkan bahwa baik materi maupun media memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 91,5% dan dinyatakan memiliki kualitas yang “Sangat Baik” serta dapat digunakan untuk multimedia pembelajaran interaktif dengan penyempurnaan lebih lanjut. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Quizizz, Keterampilan Membaca Bahasa Jerman ***** YULY TRIANA. 2023. Development of Interactive Learning Multimedia Based on Quizizz Application on German Reading Skills Kennenlernen Topic Class X SMA Semester I. Thesis, Jakarta. German Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University. This research is a development research that aims to produce a multimedia development of interactive learning based on the Quizizz application that integrates German learning materials and quizzes in one media as a medium to support learning German reading skills on the topic of Kennenlernen class X semester I. Multimedia development is carried out using research and development guidelines (Research and Development) Sugiyono level 1. The data in this development research is a collection of learning materials for German reading skills on Kennenlernen topics and Quizizz application media. The material and media are then validated by 1 material expert and 1 media expert. Based on the process and procedures in developing the Quizizz application and based on the validation that has been carried out, it was found that the validation score results from material experts obtained a value of 90% and from media experts obtained a value of 93%. Based on the two values above which are calculated using the guidelines for the flow of assessment calculations from Tegeh, et al., it can be concluded that both material and media obtained an overall average score of 91.5% and were declared to have "Excellent" quality and could be used for interactive learning multimedia with further refinements. Keywords: Interactive Learning Multimedia, Quizizz App, German Reading Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Erna Triswantini, M.Pd. ; 2). Fauzan Adhima, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 17686 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2023 05:08
Last Modified: 15 Mar 2023 05:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38519

Actions (login required)

View Item View Item