UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MUATAN IPA TENTANG PERPINDAHAN KALOR MELALUI MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) DI KELAS V SD NEGERI KALISARI 05 JAKARTA TIMUR

DEVI PUSPITASARI, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MUATAN IPA TENTANG PERPINDAHAN KALOR MELALUI MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) DI KELAS V SD NEGERI KALISARI 05 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic(VAK) yang dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Kalisari 05 Jakarta Timur tahun ajaran 2022/2023. Penelitian Tindakan Kelas pada penelitian ini mengacu pada model Kurt Lewin. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan yaitu : (1) pencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalisari 05 Jakarta Timur pada Bulan Februari 2023. Subjek penelitian ini, siswa kelas V SD Negeri Kalisari 05 Jakarta Timur yang berjumlah 32 peserta didik dan objek penelitian ini adalah mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Kalisari 05 JakartaTImur tahun ajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pra siklus presentase peserta didik yang termotivasi mendapatkan kategori tinggi mencapai 6, 25 %, kemudian pada pelaksanaan siklus I presentase peserta didik yang termotivasi mendapatkan kategori tinggi mencapai 65,62%, pada pelasanaan siklus II presentase peserta didik yang termotivasi mendapatkan kategori tinggi meningkat menjadi 87,5%. This study aims to increase motivation to learn science by using the Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) learning model which is carried out in class V students at SD Negeri Kalisari 05 East Jakarta for the 2022/2023 academic year. Classroom Action Research in this study refers to the Kurt Lewin model. This study uses the stages, namely: (1) planning action; (2) implementation of actions; (3) observation; and (4) reflection. This research was conducted at SD Negeri Kalisari 05 East Jakarta in February 2023. The subject of this research was fifth grade students at SD Negeri Kalisari 05 East Jakarta with a total of 32 students and the object of this research was science subject. Data collection techniques used are questionnaires, observation, interviews, documentation. The results of this study are that the application of the Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) learning model can increase students' learning motivation in learning science in Class V SD Negeri Kalisari 05 East Jakarta in the 2022/2023 academic year. This is based on the data obtained by increasing the learning motivation of students in the pre-cycle the percentage of students who were motivated to get the high category reached 6.25%, then in the implementation of cycle I the percentage of students who were motivated to get the high category reached 65.62%, in the implementation cycle II the percentage of students who were motivated to get the high category increased to 87.5%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 17966 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:13
Last Modified: 15 Mar 2023 02:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38530

Actions (login required)

View Item View Item