KESALAHAN DALAM MEMBACA PADA MAMNU’ MINASH SHORF DARI SEGI PENGHAROKATAN NAHWU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (Analisis Kesalahan Pendidikan Bahasa Arab UNJ)

ADZRA ALIFIA ARINA, . (2023) KESALAHAN DALAM MEMBACA PADA MAMNU’ MINASH SHORF DARI SEGI PENGHAROKATAN NAHWU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (Analisis Kesalahan Pendidikan Bahasa Arab UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Adzra Alifia Arina, “Kesalahan dalam Membaca Pada Mamnu’ Minash Shorf Dari Segi Pengharokatan Nahwu Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (Analisis Kesalahan Pendidikan Bahasa Arab UNJ)”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 15 Januari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa terkait Mamnu’ minash sharf yang kemudian menjadi solusi dan masukan bagi dosen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis kesalahan yang dimaksud merupakan suatu proses mengoreksi jawaban mahasiswa guna mengidentifikasi pola-pola kesalahan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 7 yang berjumlah 20 mahasiswa. Dalam penelitian ini, mahasiswa diberikan teks bahasa Arab yang kemudian mereka berikan harokat. Berdasarkan hasil analisis data pada bab empat, diperoleh simpulan pada harokat marfu’, mansub dan majrur. Pada lafadz marfu’ terdapat fa’il, mubtada, khobar, na’at marfu’, isim kaana dan khobar inna. Kesalahan terbanyak yaitu pada “mubtada” dengan presentase sebanyak 53,3%. Pada lafadz mansub terdapat maf’ul bih, khobar kaana, isim inna dan na’at mansub. Kesalahan terbanyak yaitu pada “khobar kaana” dengan presentase sebanyak 61,7%. Pada lafadz majrur terdapat harfu jar, zorof, mudhof ilaih dan na’at majrur. Kesalahan terbanyak yaitu pada “harfu jar” dengan presentase sebanyak 67,5%. ***** Adzra Alifia Arina, “Error Analysis in Misreading Short Vowel Marks in Related To Mamnu’ Minash Shorf rules, sampling taken from Arabic Language Study Program (Error Analysis on Arabic Language Study Program UNJ)”. Thesis. Jakarta: Arabic Language Study Program, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University, 2023. This research was conducted on students of Arabic Language Study Program, Jakarta State University on January 15, 2023. This study aims to find mistakes made by students regarding Mamnu' minash sharf which then become solutions and input for teachers. This research is a qualitative research. Data collection using the test method. The error analysis is a process of correcting student answers in order to identify patterns of errors. The research subjects were 7th semester students, in total of 20 students. In this study, students were given an Arabic text which they then gave a vowel marks. Based on the results of data analysis in chapter four, conclusions are obtained on the harokat marfu', mansub and majrur. In marfu' there are fa'il, mubtada, khobar, na'at marfu', isim kaana and khobar inna. The most errors are in "mubtada" with a percentage of 53.3%. In mansub there are maf'ul bih, khobar kaana, isim inna and na'at mansub. The most errors are in "khobar kaana" with a percentage of 61.7%. In majrur there are harfu jar, zorof, mudhof ilaih and na'at majrur. The most errors are in "harfu jar" with a percentage of 67.5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shafruddin Tajuddin, M.A. ; 2). Hendrawanto, M.Pd.,M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 17601 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2023 23:40
Last Modified: 28 Mar 2023 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38625

Actions (login required)

View Item View Item