PENGARUH BERPIKIR METAFORIK BERBASIS STRATEGI REACT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN ION DAN IKATAN KOVALEN

NURMAYANTI AGUSTIN, . (2020) PENGARUH BERPIKIR METAFORIK BERBASIS STRATEGI REACT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN ION DAN IKATAN KOVALEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NURMAYANTI AGUSTIN. Pengaruh Penerapan Berpikir Metaforik Berbasis Strategi REACT terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan berpikir metaforik berbasis strategi REACT terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi ikatan ion dan ikatan kovalen di SMA Negeri 38 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah True Experiment menggunakan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MIPA terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu : kelas X MIPA 2 (N=30) sebagai kelas kontrol menggunakan model 5M dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan penerapan berpikir metaforik berbasis strategi REACT. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda dua tingkatan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik yang berjumlah 12 soal. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen adalah 77 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 62. Berdasarkan perhitungan pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai thitung (6,15) > ttabel (1,67) sehingga H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan berpikir metaforik berbasis strategi REACT secara signifikan memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi ikatan ion dan ikatan kovalen dibandingkan dengan model 5M. Kata kunci: Berpikir metaforik, Strategi REACT, Pemahaman konsep, Ikatan ion dan ikatan kovalen. ABSTRACT NURMAYANTI AGUSTIN. The Effect of Implementation Metaphorical Thinking Based on REACT Strategy toward Student’s Conceptual Understanding on Ionic and Covalent Bonding. Skripsi. Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Jakarta.Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, February 2020. The purpose of this research was to find out the effect of implementation metaphorical thinking based on REACT strategy toward student’s conceptual understanding on ionic and covalent bonding in SMA Negeri 38 Jakarta. The True experimental method with Pretest-Posttest Control Group Design was implemented in this study. The population of this study was all students X MIPA from four classes. The sample was selected by simple random sampling, class X MIPA 2 as a control class (N=30) applied 5M learning and class X MIPA 1 (N=30) as an experiment class applied implementation metaphorical thinking based on REACT strategy. The research instrument used consisted of diagnostic test to measure student’s conceptual understanding. Based on research result, it showed that the average posttest score of the experiment class 77 was higher than the control class 62. Based on calculation at 5% significance level, the result of t-test was tcount (6,15) > ttable (1,67), so H0 was rejected. Than, it can be concluded that implementation metaphorical thinking based on REACT strategy had a positive effect to student’s conceptual understanding on ionic and covalent bonding compared to the 5M model. Keywords: Metaphorical Thinking, REACT Strategy, Conceptual Understanding, Ionic and Covalent Bonding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Ridwan, M.Si. 2). Arif Rahman, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 684 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2020 17:14
Last Modified: 19 Mar 2020 17:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item