FRAMING PEMBERITAAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19 PADA MEDIA ONLINE JPNN.COM DAN KOMPAS.COM

AIRRA ALIFIA VADHIA ANWAR, . (2023) FRAMING PEMBERITAAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19 PADA MEDIA ONLINE JPNN.COM DAN KOMPAS.COM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan framing pemberitaan media terhadap peran orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dengan analisis framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini berfokus pada pemberitaan media terhadap peran orang tua dalam pembelajaran daring selama Covid-19. Media yang diteliti yaitu media online JPNN.com dan Kompas.com yang kemudian diambil lima teks berita dari masing-masing media tersebut. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teks berita diteliti menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki, adapun strukturnya terbagi menjadi empat yaitu: (1) Sintaksis; (2) Skrip; (3) Tematik; (4) Retoris. Setelah teks berita diteliti dan dibahas, hasil menunjukkan bahwa adanya framing pada kedua media tersebut. Framing yang ditunjukkan pada kedua media juga berbeda. Jika pada media Kompas.com lebih menunjukkan edukasi untuk orang tua dalam mendampingi anak belajar daring, maka media JPNN.com lebih menekankan kasus yang timbul akibat masa belajar daring. Kata kunci: framing, peran orang tua, belajar daring, Kompas.com, JPNN.com. ***** This research aims to find and describe the framing of media coverage of the role of parents in online learning during the Covid-19 pandemic using framing analysis from Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki. To achieve this goal, this research focuses on media coverage of the role of parents in online learning during Covid-19. The media studied were online media JPNN.com and Kompas.com which were then taken five news texts from each of these media. Data collection in this study used documentation techniques. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. The news texts were researched using Pan and Kosicki's framing analysis model, while the structure is divided into four, namely: (1) Syntax; (2) Script; (3) Thematic; (4) Rhetorical. After the news texts were analysed and discussed, the results showed that there was framing in both media. The framing shown in both media is also different. While Kompas.com media shows more education for parents in accompanying children to study online, JPNN.com media emphasises the cases arising from the online learning period. Keywords: Framing, parental role, online learning, Kompas.com, JPNN.com.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asisda Wahyu Asri Putradi, M. Hum. ; 2). Aulia Rahmawati, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 17744 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:29
Last Modified: 20 Mar 2023 01:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38708

Actions (login required)

View Item View Item