MODEL LATIHAN FISIK DI SEKOLAH PEMBENTUKAN PERWIRA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

WARSINO, . (2023) MODEL LATIHAN FISIK DI SEKOLAH PEMBENTUKAN PERWIRA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Model Latihan Fisik di Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), berdasarkan rujukan Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta Didik Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia, diantaranya 20-25 Peserta Didik untuk uji coba kelompok kecil, 223-225 Peserta Didik untuk uji coba kelompok besar, dan pada uji efektifitas sebanyak 25 Peserta Didik untuk kelompok eksperimen dan 25 Peserta Didik untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Tes kesamaptaan jasmani Polri. Hasil penelitian didapat 32 Model Latihan Fisik di Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-gain score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 76.298 atau 76 % termasuk dalam kategori efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 56.74 % dan maksimal 94.44 %. Sementara untuk rata-rata N-gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 64.0954 atau 64,1% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 48.97% dan maksimal 81.94 %. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model-model latihan fisik di sekolah pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia efektif untuk meningkatkan Kebugaran jasmani. Langkah selanjutnya, untuk mengetahui normalitas maka diuji menggunakan kolmogrov-smirnov. Dari data tersebut diperoleh hasil pre test dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.393 > 0,05 artinya data berdistribusi normal. Selanjutnya untuk hasil post test didapatkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,642 > 0,05 artinya data berdistribusi normal. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keefektifan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tersebut berarti signifikan (nyata) atau tidak, maka perlu dilakukan uji independent sample t test. Berdasarkan tabel output Independent Sample Test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik di sekolah pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kata Kunci: Model Latihan, Kemampuan Fisik, POLRI***************This study aims to create a Model of Physical Training in Schools for Forming Officers for Education and Training Institutions for the Indonesian National Police. The method used in this study is a research and development method based on Borg and Gall's references. The subjects in this study were students of the School of Formation of Officers of the Republic of Indonesia National Police Education and Training Institute, including 20-25 students for small group trials, 223-225 students for large group trials, and in the effectiveness test as many as 25 students for the experimental group and 25 students for the control group. The instrument used in this study was the Polri Physical Fitness test. The results of the study obtained 32 models of Physical Training Models in Schools for the Formation of Officers of the Education and Training Institute for the Indonesian National Police. Based on the results of the calculation of the Ngain score test, it shows that the average N-gain score for the experimental class is 76,298 or 76% included in the effective category. With a minimum N-gain score of 56.74% and a maximum of 94.44%. Meanwhile, the average N-gain score for the control class was 64.0954 or 64.1% which was included in the quite effective category. With a minimum N-gain score of 48.97% and a maximum of 81.94%. Thus, it can be concluded that the use of physical training models in schools for the formation of Officers of the Indonesian National Police Education and Training Institute is effective for increasing physical fitness. The next step, to determine normality, is tested using Kolmogrov-Smirnov. From these data, the results of the pre test with the Asymp value were obtained. Sig (2-tailed) of 0.393 > 0.05 means that the data is normally distributed. Furthermore, for the post test results, the Asymp value was obtained. Sig (2-tailed) of 0.642 > 0.05 means that the data is normally distributed. To find out whether there is a significant (real) difference in effectiveness between the experimental class and the control class, it is necessary to do an independent sample t test. Based on the Independent Sample Test output table, it is known that the Sig. (2-tailed) is 0.000 <0.05, thus it can be concluded that there is a significant difference in effectiveness (significant) between the control group and the experimental group to improve the physical fitness of students in Schools Formation of Educational and Training Institute Officers of the Indonesian National Police. Keywords: Exercise Model, Physical Ability, POLRI

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Samsudin, M.Pd ; 2). Dr. Hernawan, SE., M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 18065 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2023 05:18
Last Modified: 11 Apr 2023 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38787

Actions (login required)

View Item View Item