PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUB BIDANG PENANGGULANGAN UNTUK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMADAM KEBAKARAN TINGKAT I

EKA SRI WAHYUNINGSIH, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUB BIDANG PENANGGULANGAN UNTUK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMADAM KEBAKARAN TINGKAT I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) Mengetahui langkah-langkah mengembangkan modul pembelajaran sub bidang penanggulangan untuk pendidikan dan pelatihan pemadam kebakaran tingkat I. 2) Menganalisis hasil kelayakan dari modul pembelajaran sub bidang penanggulangan untuk pendidikan dan pelatihan pemadam kebakaran tingkat I. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan model ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah personel pemadam kebakaran yang mengikuti kegiatan diklat pemadam kebakaran tingkat I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara yang digunakan pada tahap analisis, dan lembar angket yang akan digunakan pada kegiatan validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil terhadap produk Silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Modul untuk mengetahui nilai kelayakan yang diperoleh pada produk yang dihasilkan. Hasil kelayakan yang telah dilakukan oleh validator para ahli terhadap silabus mendapatkan nilai rata-rata rata 3,48 dengan kriteria “sangat sesuai”. Untuk RPP dari empat materi pembelajaran yaitu perilaku api, alat pemadam api ringan (APAR), peralatan kebakaran di unit mobil pompa, serta formasi regu dan pola pemadaman memperoleh nilai rata-rata 3,60 dengan kriteria “sangat sesuai”. Untuk ahli materi dari empat materi pembelajaran memperoleh nilai 3,65 dengan kriteria “sangat sesuai”. Untuk ahli media memperoleh nilai 3,69 dengan kriteria “sangat sesuai”. Sehingga untuk hasil validasi modul memperoleh nilai 3,67 dengan kriteria “sangat sesuai”. Uji coba kelompok kecil yang dilakukan memperoleh nilai rata-rata 3,55 dengan kriteria “sangat sesuai”. Dari hasil penilaian yang diperoleh dari validasi ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan Valid dan Layak digunakan pada pembelajaran. Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Sub Bidang Penanggulangan, Pemadam Kebakaran Tingkat I ************* ABSTRAC This development research aims to 1) Knowing the steps to develop a learning module for the sub-field of countermeasures for level I firefighter education and training. 2) Analyzing the feasibility results of the learning module of the sub-field of countermeasures for level I firefighter education and training. This research uses the ADDIE model development model which consists of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were firefighting personnel who participated in level I firefighting training activities. The instruments used in this research are interview guidelines used at the analysis stage, and questionnaire sheets that will be used in the validation activities of material experts, media experts, and small group trials of Syllabus products, Learning Implementation Plans (RPP), and Modules to determine the feasibility value obtained on the products produced. The feasibility results that have been carried out by expert validators on the syllabus get an average average score of 3.48 with the criteria "very suitable". For lesson plans from four learning materials, namely fire behavior, light fire extinguishers (APAR), fire equipment in pumping car units, as well as squad formations and blackout patterns, the average score is 3.60 with the criteria "very suitable". For the material experts of the four learning materials obtained a score of 3.65 with the criteria "very suitable". For media experts obtained a score of 3.69 with the criteria "very suitable". So for the module validation results obtained a value of 3.67 with the criteria "very suitable". The small group trial conducted obtained an average score of 3.55 with the criteria "very suitable". From the assessment results obtained from the validation of material experts, media experts, and student responses, the learning tools developed are declared Valid and Feasible to use in learning. Keywords: Learning Module, Sub Field of Countermeasures, Firefighter Level I

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Imam Mahir S.Pd.,M.Pd. ; 2). Triyono, S.T.,M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Rekayasa Keselamatan Kebakaran
Depositing User: Users 18104 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:24
Last Modified: 31 Jul 2023 00:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38908

Actions (login required)

View Item View Item