PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 232 JAKARTA

ALIM NUR KHAFIDH, . (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas VIIB SMPN 232 Jakarta. Prosedur penelitian dilakukan dalam bentuk siklus dan pada penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian 6 orang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini teknik pengambilan data yang digunakan adalah hasil observasi, tes kemampuan awal, wawancara, dan data dari hasil tes kemampuan berpikir matematis disetiap akhir siklus. Validasi data yang dipakai adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 4,36, peningkatan nilai pada ke 6 subjek penelitian, dan peningkatan sebesar 3,03% dari jumlah siswa yang sudah mendapatkan skor 61-80 (klasifikasi baik) pada akhir siklus. Memasukkan disetiap langkah model PBL ketujuh indikator pembelajaran kontekstual, yaitu: modelling dan constructivism dalam fase pertama PBL, learning community pada fase kedua PBL, inquiry dan questioning pada fase ketiga PBL, authenthic assessment pada fase keempat PBL, dan reflection pada fase kelima PBL. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIIB SMPN 232 Jakarta pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Abstract: Classroom action research aims to find out how the application of Contextual Based Problem Based Learning models to improve the mathematical critical thinking skills of students in class VIIB SMP Negeri 232 Jakarta. The research procedure was carried out in the form of cycles and in this study carried out as many as 2 cycles with 6 research subjects. Each cycle consists of 4 stages, namely: planning, implementing actions, observing, and reflecting. In this study the data collection techniques used were the results of observations, initial ability tests, interviews, and data from the results of tests of mathematical thinking ability at each end of the cycle. Data validation is a triangulation technique. The results showed an increase in the average grade of 4.36, an increase in the value of the six research subjects, and an increase of 3.03% of the number of students who had scored 61-80 (good classification) at the end of the cycle. Include every step of the PBL model in the seven indicators of contextual learning, namely: modeling and constructivism in the first phase of PBL, learning community in the second phase of PBL, inquiry and questioning in the third phase of PBL, authenticity assessment in the fourth phase of PBL, and reflection in the fifth phase of PBL. Thus, it can be concluded that the contextual model of Problem Based Learning can improve the mathematical critical thinking ability of class VIIB students of SMP Negeri 232 Jakarta on comparative material worth and turn around.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. 2). Dwi Antari Wijayanti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 555 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2020 17:14
Last Modified: 19 Mar 2020 17:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3899

Actions (login required)

View Item View Item